Jangan Sampai Salah, Ternyata Apel Lebih Bagus Dikonsumsi dengan Cara Ini

Pertanianku — Buah apel sangat mudah dijumpai karena peminat buah ini cukup tinggi. Bahkan, apel sudah menjai salah satu jenis buah yang pasti selalu ada dalam parsel buah. Buah apel terkenal memiliki cita rasa manis dengan sedikit rasa asam. Masyarakat umumnya mengonsumsi apel secara langsung sebagai buah segar.

mengonsumsi apel
foto: pertanianku

Kandungan vitamin C di dalam buah apel cukup tingggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Selain itu, buah apel juga mengandung flavanoid yang bagus untuk mencegah penyakit jantung dan asma. Tahukah Anda cara konsumsi apel dapat memengaruhi nutrisi yang terkandung di dalam buah apel. Simak ulasannya berikut ini.

Lebih baik dikonsumsi secara langsung

Kandungan fitokimia dan nutrisi di dalam apel akan lebih tinggi dimakan langsung dibanding apel yang sudah diolah menjadi produk makan camilan. Akan lebih baik buah apel dikonsumsi dalam kondisi segar bersamaan dengan kulitnya.

Konsumsi 2 apel sehari untuk menurunkan kadar kolesterol

Seseorang yang rutin mengonsumsi dua apel dalam satu hari akan mengalami penurunan kolesterol sebanyak 16 persen. Hal ini karena apel mengandung serat yang berfungsi untuk mengikat lemak dan kolesterol jahat dan membuangnya melalui saluran pencernaan.

Manfaat mengonsumsi apel setiap hari

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi apel tiap hari dapat meurunkan risiko penyakit jantung koroner, darah tinggi, asma, gastritis, DM tipe 2, stroke, menurunkan berat badan, dan kanker.

Konsumsi untuk menurunkan berat badan

Jika Anda mengonsumsi buah apel sebelum makan, akan mengurangi kebutuhan kalori tubuh sebanyak 185 kalori. Jika dirata-rata, Anda dapat membuang lemak sebanyak 0,69 kg dalam sebulan.

Menurut penelitian yang dilakukan di Brazil, wanita yang mengonsumsi tiga buah apel dalam satu hari mampu mempercepat proses diet untuk menurunkan berat badan dibanding mereka yang melakukan diet tanpa mengonsumsi apel. Mengonsumsi satu buah apel mampu mengurangi asupan kalori sebesar 15 persen.

Baca Juga:  Air Hidroponik yang Digunakan Harus Bersih

Produk cuka apel untuk mengeluarkan batu empedu

Penelitian yang dilakukan dengan cara memberikan cuka apel pada hamster mampu menurunkan kadar kolesterol. Jika cuka apel dikonsumsi secara rutin selama lima hari, batu empedu dapat keluar melalui saluran pencernaan.