Jangan Sampai Terlewat, Ini Dia Manfaat Menanam Anggur

Pertanianku — Pasti Anda sudah tidak asing dengan buah anggur yang berukuran kecil sehingga bisa habis dalam satu suapan, warnanya variatif didominasi warna ungu, dan terasa manis menyegarkan. Tak sekadar lezat, buah anggur juga kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, tahukah Anda tanaman anggur juga bermanfaat seperti buahnya. Berikut ini beberapa manfaat menanam tanaman anggur yang tidak boleh dilewatkan.

menanam tanaman anggur
foto: Pertanianku

Mempercantik rumah

Tanaman anggur dapat dijadikan sebagai tanaman hias karena tumbuh merambat dan memiliki penampilan menarik. Buahnya yang berwarna ungu, merah, atau hijau berpadu dengan daun tanaman yang berbentuk unik. Anda dapat membuat tanaman anggur sebagai penutup bagian tembok atau atap di pekarangan rumah.

Menghilangkan stres

Merawat tanaman dapat menjadi salah satu alternatif untuk mereduksi stres akibat kegiatan sehari-hari. Berbagai penelitian psikologi menunjukkan bahwa berkebun dapat memberikan dampak yang baik untuk psikis.

Menyejukan rumah

Batang anggur tumbuh merambat sehingga membuatnya cukup fleksibel untuk ditanam di berbagai media seperti pot ataupun langsung di tanah. Rindangnya daun anggur mampu membawa kesejukan di area pekarangan rumah. Saat berbuah, pohon akan menghasilkan buah yang indah dipandang serta memiliki rasa yang manis.

Dapat merasakan buah dari pekarangan sendiri

Anggur memang buah yang sangat mudah ditemukan di pasar, dari pasar tradisional hingga pasar modern. Harga buahnya pun terbilang cukup stabil karena pertumbuhan buah ini tidak mengenal musim. Namun, sebagian orang beranggapan harga buah ini cukup mahal.

Jika berkebun anggur di rumah, Anda akan mendapatkan buah yang manis nan lezat ini dengan cuma-cuma. Kualitasnya pun dapat Anda tentukan sendiri. Jika ingin mendapatkan kualitas yang baik, tentunya harus diiringi dengan perawatan yang baik pula.

Baca Juga:  Keistimewaan Si Merah Lengkeng Ruby Longan yang Eksotik

Dapat berbuah sepanjang tahun

Buah anggur dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal batasan musim sehingga hal ini dapat menguntungkan Anda yang berkebun anggur di pekarangan. Buah anggur terkenal mengandung senyawa penangkal kanker atau antioksidan yang baik untuk tubuh seperti flavonoid, resveratrol, dan polifenolat.