Jangan Sembarangan Membuang Ikan Mas! Begini Akibatnya!

0

Pertanianku – Pernahkah Anda mendengar atau melihat ikan mas yang berukuran jumbo? Dan apakah Anda tahu penyebab ikan mas bisa berukuran besar?

Hal ini akan terjadi jika membuang ikan mas ke ekosistem aslinya dapat mengubah spesies ikan. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda menemukan ikan mas seperti ‘mutan’ atau berukuran sebesar piring makan, misalnya.

Menurut Kate Wilson, spesialis hewan air dan spesies pengganggu dari Taman dan Lingkungan Hidup Kanada, ikan mas adalah spesies yang dianggap hewan pengganggu. Mereka tidak memiliki predator alami dan sanggup hidup dalam kondisi air yang buruk.

“Ikan terbesar yang kami tangkap berukuran sebesar piring makan. Ini sisi gila dari hewan air yang biasa dipelihara. Anda menyimpan mereka di akuarium dan mereka terlihat kecil dan lucu. Begitu Anda melepaskannya ke alam liar, ukuran mereka membengkak dan persedian makanan pun habis karena spesies ini bisa menjadi sangat besar,” kata Wilson.

Lebih lanjut Wilson mengatakan, ikan-ikan ini bereproduksi di lingkungan yang dingin, kasar, dan rendah kadar oksigennya, seperti di Fort McMurray yang terletak 275 mil (442,5 km) ke Selatan dari Edmonton, Alberta. Di tempat ini, mereka menemukan empat generasi ikan tersebut.

Namun, Wilson menganggap membuang ikan ke saluran air bukanlah tindakan paling wajar.

“Kami perkirakan ada ratusan hingga ribuan ikan berenang bebas di sungai dan air. Hal yang saya khawatirkan adalah bahwa orang-orang mengira ini tindakan wajar. Kita perlu membetulkan informasi yang salah ini,” tambahnya lagi.

Membuang ikan hidup dari satu sumber air ke sumber air lainnya adalah tindakan ilegal. Pemilik yang tidak menginginkan ikannya lagi punya beberapa opsi, yakni mengembalikan ikan itu ke penjual atau memberikannya pada orang lain.

loading...
loading...