Jangan Sepelekan Manfaat Kunyit, si Rempah Emas

Pertanianku — Kunyit merupakan salah satu komoditas rempah yang paling mudah ditemukan. Kunyit tidak saja bermanfaat sebagai rempah untuk memperkuat cita rasa masakan, tetapi juga sudah digunakan sebagai salah satu bahan obat tradisional serta menjadi pewarna alami makanan. Manfaat kunyit jika ditelisik lebih jauh cukup banyak.

manfaat kunyit
foto: pertanianku

Gizi kunyit per 100 gram

Gizi yang terkandung di dalam 100 gram kunyit adalah kalori 390 kkal, lemak total 10 gram, lemak jenuh 3 gram, 0 mg kolesterol, 0,2 gr kalsium, 0,26 gram fosfor, 10 mg sodium, 2.500 mg potassium, 47,5 mg zat besi, 0,9 mg tiamin, 0,19 mg riboflavin, 4,8 mg niachin, asam askorbat 50 mg, 69,9 gram karbohidrat total, 21 gram serat makanan, 3 gram gula, 8 gram protein, serta asam lemak Omega-3 dan asam-α-linolenat.

Manfaat kunyit untuk beragam obat herbal

Kunyit dapat mengatasi berbagai permasalahan gangguan pencernaan, menyembuhkan luka dalam ataupun luar, menyembuhkan infeksi saluran kemih, meredakan nyeri menstruasi, mampu mencegah kerusakan hati, mencegah penyakit alzheimer, dan masih banyak lagi manfaat kunyit dalam dunia obat herbal.

Penggunaan kunyit dalam obat herbal karena kandungan kunyit sudah terbukti ampuh menjadi anti-inflamasi, antimikroba, analgetik, antikoagulan, antivirus, dan antikanker.

Dosis yang disarankan

Meskipun kunyit memiliki sejuta manfaat, dalam mengonsumsinya, Anda harus mengikuti aturan atau dosis dan tidak boleh berlebihan. Dosis yang disarankan untuk mengonsumsi kunyit dalam sehari adalah 8—60 gram rimpang kunyit segar yang dapat Anda konsumsi dengan berbagai cara seperti diperas, diseduh, atau direbus.

Sementara, untuk kunyit yang berbentuk kering (simplisia) dosis yang disarankan adalah 3—9 gram sehari dan untuk kunyit yang sudah dalam bentuk serbuk disarankan untuk dikonsumsi sebanyak 1,5—3 gram dan dikonsumsi dengan cara diseduh bersama air.

Baca Juga:  Atasi Bisul dengan Bugenvil, Tanaman Hias yang Cantik

Meredakan demam

Ketika badan Anda mengalami demam karena suatu penyakit, tahan dulu jangan langsung mengonsumsi antibiotik, coba buatlah ramuan dari kunyit. Ramuan tersebut dapat dibuat dengan 3 jari kunyit yang dihaluskan dan ditambahkan dengan 200 cc air panas. Minumlah rutin ramuan ini selama 3 kali sehari hingga demam mereda. Jika demam masih tetap berlangsung, bawalah diri Anda ke dokter.


loading...