Jangan Simpan Makanan Ini di Kulkas


Pertanianku — Untuk membuat makanan lebih awet, biasanya kita akan menaruhnya di lemari pendingin/kulkas. Namun nyatanya, ada beberapa makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas.

makanan
Foto: Shutterstock

Dilansir dari Kompas, ada 8 jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas karena justru bisa lebih cepat rusak.

  1. Bawang merah

Agar tetap segar, bawang merah membutuhkan sirkulasi udara. Cara terbaik menyimpan bawang merah utuh ialah dengan memasukkannya pada kantong kertas yang dilubangi kecil-kecil. Jika Anda ingin menaruhnya di kulkas, maka cincang bawang terlebih dahulu, lalu masukkan ke wadah dan barulah disimpan di kulkas.

  1. Bawang putih

Bawang putih sebaiknya disimpan dalam suhu 18° C. Untuk menyimpannya, Anda bisa meletakkan bawang putih di dalam wadah berventilasi untuk memberi kelembapan dan simpanlah di tempat yang sejuk.

  1. Tomat

Udara dingin dapat mengubah susunan kimia pada tomat. Selain itu, suhu rendah juga bisa memperlambat pertumbuhan yang membuat rasa segar pada tomat berkurang dan membuat tomat jadi kusam. Sebaiknya, Anda menyimpan tomat utuh di atas meja agar rasanya lebih enak.

  1. Daun basil

Jika tanaman tropis ini disimpan pada suhu di bawah 4° C, maka ia akan cepat menghitam. Sebaiknya, simpanlah daun basil seperti Anda menaruh bunga dalam vas di tempat teduh.

  1. Saus pedas

Zat asam dan pengawet dalam saus pedas yang Anda beli di toko berfungsi agar bahan makanan tersebut tidak mudah rusak saat disimpan di dapur. Saat menyimpan saus pedas di kulkas, bahan makanan tersebut justru akan kehilangan rasa pedasnya.

  1. Kentang

Suhu dingin bisa mengubah zat pati kentang menjadi gula. Hal ini menghasilkan tekstur pasir dan sedikit rasa manis. Suhu terbaik untuk menyimpan kentang ialah 7° C. Sementara itu, suhu lemari es rata-rata 1—3° C. Maka sebaiknya, simpan kentang dalam kantong kertas yang sejuk di dapur tapi hindarkan dari sinar matahari. Sinar matahari menyebabkan klorofil menumpuk, mengubah kentang menjadi hijau dan mengubah rasanya menjadi pahit.

  1. Kopi
Baca Juga:  Makanan Ini Bisa Stabilkan Gula Darah

Kelembapan di dalam kulkas dapat menyebabkan biji kopi memburuk. Artinya, Anda tidak bisa mendapatkan rasa segar dan aroma yang nikmat saat menikmati kopi tersebut. Apalagi, suhu kerap berubah-ubah setiap kali Anda membuka pintu kulkas yang menciptakan kondensasi. Inilah yang akhirnya membuat kelembapan lebih tinggi. Sebaiknya, Anda menyimpan biji kopi ke dalam wadah kedap udara.

  1. Melon utuh

Kulkas bisa mengurangi jumlah kandungan anti-oksidan dalam makanan hingga separuhnya. Riset dari United States Department of Agriculture menemukan bahwa melon yang disimpan pada suhu kamar mengandung dua kali lebih tinggi senyawa seperti beta karoten daripada melon yang disimpan dalam kulkas.

Beta karoten adalah senyawa yang sangat baik untuk indra penglihatan. Namun, suhu dingin justru bisa menghambat pertumbuhan anti-oksidan setelah dipetik.