Jangan Takut Konsumsi Santan, Ini Dia Manfaatnya


Pertanianku – Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak menggunakan santan untuk kreasi berbagai jenis makanan daerah. Bahkan, masyarakat di daerah hampir setiap hari menjadikan santan sebagai bahan masakan.

Foto: pixabay

Seperti yang diketahui, banyak orang beranggapan bahwa terlalu sering mengonsumsi santan akan membuat seseorang menderita kolesterol tinggi.

Tahukah Anda manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari santan? Santan berperan dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh, pertahanan terhadap penyakit, dan manfaat lainnya yang wajib Anda ketahui.

Nutrisi

Santan mengandung vitamin, mineral, elektrolit, potasium, kalsium, dan khlorida. Hanya pada satu jenis bahan makanan, Anda bisa memperoleh berbagai nutrisi di dalamnya.

Lemak jenuh

Santan mengandung lemak jenuh yang tersusun dari asam lemak rantai pendek dan asam lemak rantai sedang. Lemak-lemak tersebut cepat berubah menjadi energi daripada menumpuk di dalam tubuh. Itu sebabnya meskipun santan mengandung lemak jenuh, Anda tetap bisa mengonsumsinya ketika sedang diet.

Asam laurat

Setengah dari asam lemak jenuh rantai sedang terdiri atas asam laurat yang memiliki fungsi sebagai antivirus, antibakteri, antimikroba, dan antijamur. Dengan kata lain, santan membantu Anda untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Susu

Santan bisa disebut sebagai pengganti susu bagi Anda yang memiliki alergi terhadap produk susu hewani. Santan juga bebas kedelai, bebas gluten, dan bebas kacang.

Meredakan sakit

Jika Anda mengalami radang tenggorokan atau sakit bisul, cobalah untuk mengonsumsi santan. Santan dipercaya meredakan gejala penyakit tersebut.

Perawatan kulit

Selain dikonsumsi, santan ternyata baik untuk melembapkan kulit yang kering dan keriput. Selain itu, gunakan santan untuk keramas secara rutin jika ingin memiliki rambut halus dan mudah diatur. Santan juga bisa digunakan untuk mandi berendam.

Baca Juga:  Manfaat Minyak Kelapa Sangat Luar Biasa, Apa Saja Itu?

Berbagai olahan dengan bahan dasar santan bisa Anda aplikasikan untuk memperoleh manfaat santan di atas. Jika merasa kerepotan dan tidak punya banyak waktu untuk memeras santan, Anda bisa membeli santan instan yang cukup dicampur dengan air panas dan siap untuk digunakan.

Tapi perlu diingat, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi santan secara berlebihan ya.

loading...
loading...