Jantung Pisang Ternyata Juga Kaya Manfaat!

0

Pertanianku – Seperti yang kita ketahui hampir seluruh bagian pada tanaman pisang dapat dimanfaatkan. Mulai dari buah, daun, batang, bahkan jantung/bunga pisang pun dapat bermanfaat.

Jantung pisang yang memiliki tekstur seperti tepung dan rasa yang pahit ini kaya akan vitamin akan A dan vitamin C. Meski tak banyak yang mengetahui khasiat dari jantung pisang, di beberapa negara, jantung pisang sering dijadikan salad.

Jantung pisang sudah digunakan untuk pengobatan alternatif yang dipraktikkan di India sejak 5.000 tahun lalu. Berikut beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari jantung pisang, sebagaimana melansir Boldsky:

Meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan

Jantung pisang mengandung magnesium yang berfungsi sebagai antidepresi tanpa efek samping.

Melancarkan sistem pencernaan

Jantung pisang yang kaya akan serat larut dan tidak larut akan membawa seluruh ampas makanan terbuang melalui saluran pencernaan. Serat tak larut yang dimiliki jantung pisang juga membantu sebagian besar makanan yang tidak larut dalam air. Keduanya akan meningkatkan pencernaan dan penyerapan makanan secara sehat.

Menyembuhkan infeksi

Jantung pisang memiliki kemampuan untuk mengobati infeksi karena mengandung etanol yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri patogen.

Cegah radikal bebas

Radikal bebas yang menghantam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Jantung pisang yang bersifat anti-oksidan dapat mengatasi masalah ini.

Membantu pengobatan pasien diabetes

Mengonsumsi jantung pisang dengan cara direbus dapat mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin di dalam tubuh.

loading...
loading...