Jarak Tanam yang Tepat untuk Tanam Durian


Pertanianku — Budidaya durian merupakan salah satu usaha yang memiliki potensi baik. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan jika Anda mau menjadi petani durian yang sukses. Nah, kalau Anda mau usaha tanam durian, tentu Anda akan dihadapkan dengan hal-hal teknis seperti bibit durian, jarak tanam yang baik untuk tanam durian, dan lain-lain.

tanam durian
Foto: Dok. Pertanianku

Lantas, berapa jarak tanam yang baik untuk menanam durian?

Kalau Anda mau memulai membudidayakan durian, Anda bisa gunakan ukuran 10 × 10 meter sebagai jarak antartanaman. Jarak tanam ini sebenarnya masih bisa diperdebatkan. Akan tetapi, untuk ukuran standar, Anda bisa gunakan ukuran tadi untuk kebun Anda. Dengan demikian, Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa berhasil dalam bertanam durian ini.

Untuk menentukan jarak tanam yang tepat, sebenarnya sudah dihitung dari awal durian ditanam hingga nanti saat tanaman tumbuh besar hingga berbuah lebat.

Jika Anda menggunakan jarak tanaman yang terlalu sempit, dikhawatirkan pertumbuhan tidak baik. Sebab, tanaman durian termasuk tanaman dengan ukuran pohon yang lumayan besar. Hal ini seperti ketika Anda mau menanam pohon kelapa, tentu saja Anda akan memberi jarak yang lumayan agar ketika pohon kelapa besar nantinya tidak ada kendala bagi pertumbuhan tanaman.

Walaupun jarak yang terlalu sempit tidak disarankan, jarak yang terlalu lebar atau jauh pun sebenarnya juga tidak disarankan. Pasalnya, tujuan utama petani durian adalah untuk mendapatkan keuntungan finansial. Oleh karena itu, membuat jarak yang terlalu lebar hanya akan memboroskan lahan dan itu tidak baik untuk usaha petani durian.

Baca Juga:  Cara Paling Mudah Menanam Blueberry dari Biji