Jarang Diketahui, Jamur ini Juga Bisa Dikonsumsi

Pertanianku — Beragam jamur konsumsi sudah banyak tersebar di pasaran. Mulai dari jamur merang hingga jamur kuping, konsumsi jamur sudah jadi salah satu makanan pendamping sayur dan lauk bagi banyak orang. Tapi, tahukah Anda bahwa beberapa jamur berikut juga bisa dikonsumsi?

Jamur Chanterelle

jamur konsumsi
Foto: pixabay

Jamur ini memiliki warna beragam, mulai dari kuning, oranye, cokelat, hingga hitam. Teksturnya kenyal dan memiliki bentuk mirip corong. Biasanya, penyajiannya bersamaan dengan daging panggang. Di Indonesia, untuk mengonsumsi jamur chanterelle harus diimpor terlebih dahulu.

Loading...

Jamur porcini

jamur konsumsi
Foto: pixabay

Jamur porcini merupakan salah satu jamur termahal. Jamur ini biasa dijual dalam keadaan segar ataupun sudah dikeringkan. Jamur basah memiliki rasa yang lebih ringan ketimbang jamur porcini yang sudah dikeringkan. Biasanya, jamur porcini digunakan sebagai tambahan pada risotto dan sup. Jamur ini berwarna cokelat.

Jamur puffball

jamur konsumsi
Foto: pixabay

Jamur puffball punya ukuran yang sangat besar. Diameter jamur ini kurang lebih sebesar 30 cm bahkan lebih. Di hutan-hutan, jamur puffball masih bisa ditemui tumbuh dengan liar. Ukurannya yang menyerupai bola raksasa ternyata memiliki rasa gurih hampir mirip seperti tahu. Jika jamur ini pecah, bagian dalamnya akan terlihat.

Jamur pompom

jamur konsumsi
Foto: fungusy.co.za

Herinicum erinaceus merupakan nama Latin dari jamur pompom. Jamur ini berasal dari daerah Amerika Utara. Warnanya putih dan memiliki serat-serat di bagian luarnya sehingga tampak seperti pom-pom.

Jamur tudung pengantin

jamur konsumsi
Foto: forestfloornarrative.com

Ciri khas utama jamur tudung pengantin adalah jaring seperti tudung pengantin yang terdapat pada kepala jamur ini. Jamur ini sendiri memiliki nama ilmiah Phallus indusiatus. Oleh masyarakat Cina, jamur ini sering digunakan sebagai bahan masakan. Jamur ini bisa ditemukan dari Amerika hingga Asia bagian Selatan.

Baca Juga:  Teknologi Makin Canggih, Usir Hama di Sawah Pakai Robot Bebek

Jamur otak

jamur konsumsi
Foto: pixabay

Jika belum diolah, jamur ini mengandung racun. Akan tetapi, olahan jamur otak bisa dikonsumsi dan rasanya lezat. Menu masakan jamur otak ada di daerah Skandinavia, Eropa Timur. Jamur ini disebut jamur otak karena penampakannya yang menyerupai otak.

Jamur morel

jamur konsumsi
Foto: pixabay

Jamur morel merupakan salah satu jamur yang juga punya harga tidak murah. Jamur ini memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi. Jamur morel juga bisa dimanfaatkan untuk menyeimbangkan gula darah dan memperbaiki kerusakan pada hati.

Loading...
Loading...