Jateng Siap Pamerkan Produk Unggulan di Rusia dan Turki


Pertanianku — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah kembali mendapatkan kesempatan emas dalam mempromosikan produknya. Ya, kini Jateng siap pamerkan produk unggulan di Rusia dan Turki.

Jateng siap pamerkan produk unggulan
Foto: Pixabay

Kepala Dinas Perundustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah, Arif Sambodo mengatakan, pada 2019 ini, Jateng kembali mendapatkan undangan guna mengikuti pameran produk unggulan di acara pameran berskala internasional.

Namun untuk tahun ini, anggaran yang tersedia hanya untuk dua kali kegiatan. Oleh karena itu, rencananya, Jawa Tengah akan mengambil dua dari tiga kegiatan pameran internasional, sesuai petunjuk dan arahan Gubernur Jawa Tengah, yakni pameran dagang di Moskow (Rusia) dan Izmir (Turki). Pameran akan berlangsung pada 1 Agustus 2019 dan digelar di World Trade Center (WTC) atau Crowne Plaza Krasnopresnenskaya emb 12 Moskow.

“Sedangkan di kota terbesar ke-tiga di Turki, Izmir, Jawa Tengah bakal mengikuti pameran bertajuk 88th Izmir International Fair pada 6 hingga 15 September 2019,” papar Arif Sambodo.

Ia juga mengatakan, khusus untuk pameran produk ungggulan ini, Jawa Tengah bakal menampilkan produk-produk unggulan seperti tekstil, dekorasi rumah serta berbagai hasil perkebunan seperti kopi dan teh. Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan, Moskow dipilih karena memang produk-produk unggulan dari Jawa Tengah sangat diminati di Rusia dan ini menjadi peluang yang cukup terbuka.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, gubernur pun meminta Disperindag Provinsi Jawa Tengah untuk mempersiapkan berbagai kebutuhan, termasuk mempertajam analisis komoditas yang paling diminati.

“Paling tidak, per hari ini sudah harus melakukan korespondensi untuk menawarkan produk kita. Jadi list of product, harga jumlah, kapasitas, dibuat dan minta bantuan Dubes yang di Rusia untuk menawarkan ke sana,” ungkap dia.

Baca Juga:  5 Bibit Tanaman Serbaguna Ini Bisa Bikin Anda Hemat

Terkait produk yang akan dipamerkan ataupun dijual, lanjut gubernur, tekstil dari Semarang dan sekitarnya ataupun wilayah Soloraya sudah juara. Untuk kopi dan teh, pihaknya pun mendorong agar produk dari UKM tersebut bisa mendunia. Produk itu akan dibawa ke Moskow dan Turki agar ikut terdongkrak. Oleh karena itu, semua daerah di Jawa Tengah yang memiliki gunung ada kopi, termasuk pariwisatanya  pun ditagih gubernur untuk ikut dipromosikan.

“Karena, fokus kita lebih pada Trade, Tourism, and Investment (TTI). Di Turki dan Moskow akan kita sisipi promo destinasi wisata tersebut,” katanya.