Jawa Barat, Barometer Pleci Unggul


Pertanianku – Rasanya sangat sulit membedakan jenis dan ras yang sama pada burung kacamata dari berbagai daerah; baik asal Jawa Timur, Bali, dan Lombok; ataupun dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Jawa Barat, Barometer Pleci

Benar atau tidak, banyak penggemar dan juri burung berkicau yang dimintai pendapatnya tentang kualitas suara dan penampilan. Menurut mereka, burung kacamata atau pleci dari Jawa Barat dikatakan cukup baik dan lebih berkelas daripada asal Jawa Timur. Akan tetapi, sejauh mana kebenarannya memang sangat sulit dibuktikan. Walau sebenarnya bisa saja dibuktikan kalau ada yang menginginkannya. Misalnya mempertemukan 5—10 ekor burung kacamata dari Sumatera. Dengan jumlah yang sama dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Lombok, dan daerah lainnya untuk diadu dalam satu gelanggang kontes. Dari situ bisa kita ketahui keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Mungkin pendapat dan pemahaman para pleci mania muncul dari pemikiran untuk memiripkan dengan burung lain. Sebagai gambaran, diperbandingkan antara burung anis merah dan anis kembang asal Jawa Barat dan Jawa Timur. Burung sejenis asal Jawa Timur secara fisik jauh lebih besar dengan warna bulu sangat cerah. Sementara itu, burung dari Jawa Barat lebih menonjolkan suaranya yang lebih tajam dan kristal. Namun, bagaimana dengan burung kacamata asal Sumatera yang dikenal menjadi basis murai batu dan kacer unggulan?

Terlepas dari semua itu, patut dipahami bahwa jumlah kacamata asal Jawa Barat yang ada di pasaran terbilang cukup banyak dan mendominasi pasar, baik untuk pasaran Jabodetabek sampai ke daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Bahkan, besar kemungkinannya sampai ke Jawa Timur bagian barat. Terlebih lagi sekarang ini kicau mania Jawa Barat, dari mulai Bogor, Sukabumi, Bandung, hingga Priangan Timur meliputi wilayah Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, dan Pangandaran gelegar kontes khusus kacamata sudah merambah sampai daerah setingkat kecamatan yang jauh dari pusat kota. Bisa dikatakan burung kacamata daerah lain sulit menembus pasar di Jawa Barat. Hal lainnya adalah pleci mania Jawa Barat memang sangat fanatik dan percaya kalau kacamata asal daerah mereka memang pantas untuk diunggulkan di arena kontes.

Baca Juga:  Kandungan Gizi pada Daging Bebek Ini Bikin Takjub

 

Sumber: Buku Burung Pleci