Jawa Tengah Siapkan Lahan untuk Para Petani Muda


Pertanianku – Guna memberdayakan para petani muda, Perhutani akan memberikan lahan pertanian dalam mendukung upaya Gempita Kementerian Pertanian melakukan regenerasi petani yang terdapat Jawa Tengah. Lahan itu khususnya menyasar para pemuda di Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH).

Gempita merupakan program yang diluncurkan Menteri Pertanian Amran Sulaiman untuk mendorong akses generasi muda terjun ke pertanian. Pemerintah ingin membuktikan keyakinannya bahwa sektor pertanian efektif mengentaskan kemiskinan.

Kepala Divisi Regional I Perhutani Jawa Tengah Adhi Pradana mengatakan, pemanfaatan lahan Perhutani tersebut merupakan bentuk dukungan nyata pihaknya atas upaya pemerintah menyejahterahkan masyarakat desa hutan.

“Ini sudah komitmen dari kami pimpinan Perhutani,” kata Adhi, seperti mengutip Republika (4/5).

Menurut Adhi bukan hanya mencapai swasembada pangan, melainkan dengan dukungan penyediaan lahan yang luas dari pihaknya akan memberi dampak ekonomi yang luas. Ia mengatakan, dengan sokongan lahan yang diberikan Perhutani ini, setidaknya setiap pemuda bisa mengelola 5—10 hektare lahan. Hal tersebut akan memberi nilai ekonomis yang berdampak pada peningkatan akademik dan kesejahteraan keluarga, pemerintah, dan Perhutani.

Baca Juga:  Kapal Ternak Miliki Prospek untuk Wujudkan Swasembada Sapi
loading...
loading...