Jawer Kotok (Coleus atropurrireus)


Deskripsi Tanaman

Jawer kotok adalah tanaman hias semak dan memilki banyak varietas. Tersebar mulai dari daerah dataran rendah sampai ketinggian 1.300 m dpl. Umumnya bunga berwarna ungu dengan tangkai panjang. Tanaman ini mudah sekali ditanam, yaitu hanya dengan setek, tanaman dapat tumbuh dan tidak memerlukan pemeliharaan yang sulit. Namun, umurnya tidak panjang.

Jawer Kotok (Coleus atropurrireus)

Sosok tanaman dapat mencapai tinggi 2 m dengan cabang yang banyak. Tanpa pemangkasan yang baik dan setelah daunnya gugur, tanaman ini menjadi kurang menarik. Jawer kotok yang berkhasiat obat adalah jenis jawer kotok dengan daun berwarna cokelat merah tua polos. Bentuk daunnya seperti hati dengan tepi bergerigi. Banyak jenis jawer kotok yang lebih indah serta warna semarak dengan bentuk daun unik. Namun, jenis jawer kotok tersebut tidak memiliki khasiat obat.

Kandungan dan Khasiat

Daun jawer kotok mengandung zat alkaloida, mineral, minyak terbang, dan zat pati. Khasiat tanaman ini dapat mengobati radang anak telinga, keputihan, dan wasir.

Ramuan

  1. Radang anak telinga

Bahan:

Daun jawer kotok …………….. ½ genggam

Air ……………………………………….. secukupnya

Cara penggunaan:

Daun dicuci, lalu digiling hingga halus. Tambahkan tiga sendok makan air masak, lalu peras dan saring. Air perasan diteteskan pada anak telinga yang sakit sebanyak 3—6 kali sehari.

  1. Keputihan

Bahan:

Daun jawer kotok …………….. 2/3 genggam

Madu ………………………………….. 1 sendok makan

Air bersih …………………………… 3 gelas

Cara penggunaan:

Daun dicuci, lalu direbus bersama tiga gelas air hingga menyisakan ¾ gelas. Setelah dingin, air rebusan disaring. Airrebusan diminum bersama madu. Lakukan pengobatan ini sebanyak tiga kali sehari.

Sumber: Tanaman Hias Berkhasiat Obat

Baca Juga:  Membuat Pupuk Organik dari Buah Maja
loading...
loading...