Jelang Akhir Tahun, Harga Sejumlah Komoditas Pangan Melonjak Naik


Pertanianku — Seperti halnya menghadapi Idul Fitri, menjelang Natal dan akhir tahun 2017 seperti sekarang pun sejumlah komoditas pangan harganya melonjak naik.

sejumlah komoditas pangan
Shutterstock

Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI), Abdullah Mansuri mengatakan, ada beberapa komoditas pangan yang konsumsinya meningkat jelang akhir tahun. Oleh sebab itu, kewaspadaan pemerintah terkait pasokan maupun pengawasan jalur distribusi perlu ditingkatkan.

“Seperti daging ayam, telur, minyak goreng, dan ayam sudah lebih dari Rp35.000 ini yang harus jadi jadi sorotan sebenarnya,” ujar Mansuri dikutip dari Kompas, Rabu (20/12/2017).

Ia menjelaskan, menjelang Natal dan Tahun Baru biasanya kenaikan konsumsi masyarakat terhadap bahan pangan alami mengalami kenaikan hingga 10 persen dari hari biasa.

“Kenaikan permintaan itu tidak lebih dari 10 persen, tetapi memang ini ‘kan ada cuaca buruk ada beberapa daerah yang banjir ini dikhawatirkan wilayah-wilayah ini itu justru menjadi wilayah-wilayah yang diharapkan pemerintah untuk mensuplai beberapa komoditas,” ungkap dia.

Guna mengantisipasi gejolak harga pangan, Mansuri menyampaikan bahwa pemerintah perlu melakukan pemetaan wilayah produksi. Tujuannya, agar jika terjadi shortage (kekurangan) di satu wilayah, maka bisa dibantu pasokan dari wilayah lain.

Ia menilai pola yang ditempuh pemerintah dalam meredam gejolak harga pangan dengan operasi pasar tidak tepat. Hal itu berkaca dengan harga daging sapi yang hari ini masih berada di atas Rp100.000 per kilogram.

“Kalau operasi pasar-operasi pasar lagi menurut kita tidak efektif,” ujarnya.

Berdasarkan data dari Informasi Pangan Jakarta (IPJ) hampir seluruh bahan pangan dan komoditas strategis mengalami kenaikan harga. Mulai dari telur ayam dengan harga rata-rata di Jakarta mencapai Rp25.162 per kilogram.

Kemudian, daging ayam Rp34.125 per ekor, naik Rp425, cabai rawit merah Rp34.302 per kilogram, naik Rp2.744, cabai merah besar Rp 36.883 per kilogram, naik Rp 372. Semua harga komoditas yang disebutkan itu mengalami kenaikan dari hari sebelumnya.

Baca Juga:  Pro Kontra Soal Larangan Penggunaan Cantrang

Di samping itu, harga cabai merah keriting Rp39.697 per kilogram, naik Rp418 dari hari sebelumnya, minyak goreng curah Rp12.655 per kilogram, bawang putih Rp26.930 per kilogram, bawang merah Rp27.604 per kilogram. Selanjutnya, daging sapi murni Rp117.127 per kilogram, daging sapi paha belakang Rp123.461 per kilogram, dan daging kambing Rp110.666 per kilogram.

loading...
loading...