Jelang Idul Adha Disnak Siap Periksa Hewan Kurban


Pertanianku – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Peternakan mulai memeriksa hewan kurban jelang hari raya Idul Adha. Bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota, Disnak memeriksa kesehatan hewan kurban di sejumlah sentra peternakan dan lokasi dijualnya sapi dan domba.

Jelang Idul Adha Disnak Siap Periksa Hewan Kurban

Kepala Disnak Jabar Dody Firman Nugraha mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan koordinasi bersama asosiasi terkait untuk memeriksa hewan kurban di seluruh sentra peternakan sapi dan domba. Tujuannya, mengantisipasi penyebaran penyakit pada hewan yang akan dijual untuk kurban.

“Kita sudah melakukan persiapan melaksanakan pemeriksaan kesehatan yang dibentuk beberapa tim sebagaimana dilakukan pada tahun lalu,” ucap Dodi seperti dikutip dari Republika (25/8).

Pemeriksaan sejak dini merupakan antisipasi agar konsumen tidak merasa dirugikan. Ini karena hewan kurban yang dijual sudah melalui pemeriksaan dari sisi kesehatan dan kelayakannya.

Berdasarkan data evaluasi sementara, Dodi menyebutkan belum ada hewan yang terindikasi terkena penyakit seperti antraxs ataupun lainnya di peternakan-peternakan. Meski demikian, pihaknya akan terus melakukan pemeriksaan rutin ke lapangan untuk mengantisipasi hewan yang terindikasi penyakit. “Mudah-mudahan kita tidak menemukan ternak yang sakit, penyakit antraks maupun yang lainnya,” papar Dodi.

Menurutnya pemeriksaan langsung ke lapangan merupakan agenda rutin. Pasalnya, banyak juga peternak yang menjual hewan ternak mereka di sejumlah tempat yang belum terjamin keamanannya.

Dodi mengatakan sejatinya hewan kurban dijual di sentra peternakan hewan. Tidak di pinggir-pinggir jalan atau sekitar permukiman warga. Namun, ia mengaku masih banyak peternak yang membawa hewannya di lokasi tersebut. Pasalnya, hal itu sudah menjadi rutinitas tahunan.

Untuk mengantisipasi penyakit hewan, pihaknya sudah meminta tim agar memeriksa kesehatan hewan di sejumlah tempat yang dijadikan pusat penjualan. “Seharusnya di sentra saja jualannya, tapi ini sudah kebiasaan mendekatkan kepada pasar dengan konsep tertib,” tutur Dodi.

Baca Juga:  Pengembangan Belgian Blue untuk Wujudkan Swasembada Sapi

Ketersediaan hewan kurban pada tahun ini diprediksi akan mencukupi kebutuhan. Kebutuhan sapi potong untuk kurban diperkirakan mencapai 87.013 ekor dari yang tersedia sekitar 89.181 ekor. Sementara itu, kebutuhan domba kurban di Jabar mencapai 225.665 ekor, dengan penyediaan 655.996 ekor.