Jemput Uang dengan Bisnis Jangkrik Rumahan


Pertanianku Bisnis jangkrik rumahan merupakan peluang usaha yang menguntungkan. Harga jualnya cukup menggiurkan sehingga bisa menghasilkan pendapatan yang cukup menarik. Malah beberapa pelaku usaha jangkrik profesional bisa mencatatkan keuntungan hingga puluhan juta tiap bulannya.

Bisnis jangkrik rumahan
Foto: Shutterstock

Peningkatan permintaan terhadap jangkrik berasal dari temuan bahwa jangkrik merupakan salah satu sumber nutrisi yang penting bagi kesehatan ikan dan burung. Jangkrik mengandung sejumlah protein dan keratin yang baik untuk kesehatan ikan, kegesitan, dan pembentukan warna yang lebih cerah.

Sementara, pada burung, kekayaan nutrisinya juga baik untuk membantu menyaringkan suara burung kicauan. Burung juga menjadi lebih agresif dan lincah bergerak. Dipercaya juga bahwa asupan jangkrik akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh ikan dan burung hias.

Fakta inilah yang kemudian mendorong permintaan jangkrik hidup di pasaran terus meningkat. Harga pasaran per kilo jangkrik hidup bisa mencapai 50 ribu hingga 80 ribu. Bayangkan saja bila Anda sanggup memproduksi setidaknya 20 kg jangkrik hidup dalam 1 bulannya, Anda bisa menghasilkan hasil lebih dari 1 juta.

Jangan berpikir bahwa menghasilkan jangkrik sebanyak 20 kg itu berlebihan dan mustahil. Ini karena terbukti dari para pemburu jangkrik saja, dalam satu hari mereka bisa menghasilkan lebih dari 1.200 gram jangkrik. Angka ini 100 persen hanya datang dari perburuan.

Pada jenis usaha jangkrik macam ini diakui sifatnya musiman. Pada musim perubahan musim seperti sekarang memang ada berlimpah jangkrik di alam bebas yang siap ditangkap. Tetapi, pada musim lain, jangkrik akan sulit Anda dapatkan.

Cara terbaik adalah dengan melakukan penangkaran rumahan usaha jangkrik. Sederhana saja, cukup dengan memanfaatkan sebuah lahan sisa di rumah Anda, dibuat menjadi semacam kolam berukuran sekitar 1 m3 sebanyak 3 buah.

Baca Juga:  Tips Memasarkan Jangkrik Supaya Untung Besar

Masing-masing kolam diberi dasar dedaunan dan pasir halus. Dedaunan ini akan berfungsi menjadi perindang sedang pasir membantu menjaga kelembapan kolam. Secara berkala berikan spray air untuk membantu menjaga kelembapan kolam.

Budidaya jangkrik ini bertujuan menjaga produksi jangkrik yang stabil setiap saat. Caranya dengan membangun iklim dan cuaca buatan dalam kolam yang sesuai dengan kebutuhan pembiakan jangkrik. Dengan demikian, jangkrik tidak hanya berkembang biak secara musiman, tetapi setiap saat.