Jenis Aglaonema yang Punya Nilai Tinggi


Pertanianku — Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang mempunyai pesona dan keindahan yang sangat menarik. Tanaman hias aglaonema memiliki beberapa jenis varian. Lalu, jenis aglaonema apa saja yang memiliki nilai tinggi?

jenis aglaonema
Foto: Shutterstock

Banyak jenis bunga dari hasil perkawinan silang antar-aglaonema. Hal itu yang membuat warnanya indah, bernilai ekonomi cukup tinggi, dan permintaan pasarnya tinggi. Berikut ini jenis-jenis aglaonema yang memiliki nilai tinggi.

  1. Aglaonema black lipstick

Jenis aglaonema black lipstick memiliki ciri khas pada warna sembur hijau merahnya dan tekstur daunnya yang unik. Jenis ini sangat populer dan menjadi favorit pecinta tanaman hias karena perawatannya cukup mudah. Dengan harga bisa mencapai lebih dari Rp170 ribu ke atas, tidak dapat dipungkiri bahwa tanaman hias ini adalah jenis aglaonema yang mempunyai nilai tinggi.

  1. Aglaonema all star red

Aglaonema all star red merupakan salah satu jenis yang paling banyak diperjualbelikan. Tanaman ini memiliki nama all star red karena hampir pada seluruh bagian tubuhnya berwarna merah dengan sedikit kehijauan pada ujung daunnya. Biasanya orang-orang membeli jenis ini sebagai tanaman indoor dikarenakan tanaman ini menyukai pencahayaan yang tidak terlalu intens dan teduh. Selain itu, warnanya memberikan aksen yang cerah dan segar pada ruangan.

  1. Aglaonema bidadari

Tanaman hias jenis ini merupakan varietas hybrid dari Thailand dengan daun mirip bentuk hati dan warna perpaduan antara pink, kuning, dan sedikit hijau. Karena karakter yang khas ini, aglaonema bidadari mudah dikenali dan tergolong tanaman yang memiliki nilai tinggi.

  1. Aglaonema pride of sumatra

Pride of Sumatera merupakan jenis aglaonema hibrida pertama yang memiliki warna merah. Aglaonema jenis ini mulai populer pada 1985—1990-an. Karena peminatnya yang banyak dan warna yang memukau, aglaonema jenis ini memiliki nilai tinggi.

  1. Aglaonema super white

Super white adalah jenis aglaonema yang memiliki daun dengan dominan warna putih dan sedikit aksen hijau pada tepi daun serta tulang daunya. Jenis ini cocok digunakan untuk dekorasi indoor karena warnanya yang nyentrik berbeda dengan tumbuhan lainnya. Tingkat kelangkaan yang tinggi dan permintaan yang banyak menjadikan jenis ini salah satu aglaonema yang memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca Juga:  Tumbuhan Penghasil Uang Ini Wajib Anda Tanam