Jenis Ayam Asli Indonesia yang Harganya Fantastis


Pertanianku — Indonesia memiliki banyak jenis ayam kampung unggul berharga jual yang cukup mahal. Tampaknya kita perlu berbangga diri dengan terus melestarikan ayam asli Indonesia agar tidak punah atau bahkan diklaim milik negara lain.

ayam asli Indonesia
Foto: Pixabay

Jenis ayam asli Indonesia ini biasanya dipelihara sebagai hobi. Nah, berikut ini jenis-jenisnya.

  1. Ayam pelung

Ayam pelung ternyata menjadi salah satu ayam kampung yang dihargai mahal. Umumnya, ayam pelung bagus akan dinilai berdasar keindahan kokoknya, selain penilaian lainnya dalam lomba. Untuk ayam pelung juara, harganya bisa di atas Rp20 juta. Tidak hanya itu, keturunan ayam pelung juara pasti akan terus diburu.

Tidak semua ayam pelung berharga jutaan rupiah, tetapi karena postur tubuhnya yang lebih besar dari ayam kampung biasa, harga ayam pelung lebih mahal dibandingkan ayam kampung. Misalnya, untuk jago ayam kampung dewasa kita bisa membeli di pasar dengan harga kisaran Rp100 ribuan.

  1. Ayam cemani

Ayam jenis ini banyak dijumpai di daerah Kedu, Temangung, Jawa Tengah. Warna bulu, kulit, daging, tulang hingga darah ayam cemani yang berwarna hitam legam membuatnya memiliki keunikan tersendiri. Keindahan dan keunikan ayam cemani ini banyak digemari oleh pencinta ayam tidak hanya dari Indonesia bahkan Amerika Serikat. Di Amerika, ayam cemani dibanderol hingga harga $2.500.

  1. Ayam ketawa

Ayam ketawa berasal dari Sidrap, Sulawesi Tengah. Suara kokok ayam ketawa sangat mirip dengan orang tertawa, bahkan mirip suara kuntilanak. Karena keunikan kokoknya ini, ayam ketawa banyak diburu pecinta unggas sehingga harganya melangit. Ayam ketawa juara bisa dibanderol dengan harga di atas Rp40 juta.

  1. Ayam kukuak balenggek

Ayam asli Sumatera Barat ini juga memiliki keunikan dari suara kokoknya seperti halnya ayam ketawa dan ayam pelung. Kokok ayam kukuak balenggek memiliki irama kokok bertingkat mulai dari 3—12 lenggek bahkan sampai 19 lenggek. Selain itu, kokok ayam kukuak balenggek terdiri atas 6—15 suku kata tergantung faktor genetik dan latihan yang diberikan oleh pemiliknya.

Baca Juga:  Biosecurity, Pencegah Penyakit Ayam yang Ampuh

Meski popularitas ayam kukuak balenggek ini masih kalah jika dibandingkan dengan ayam pelung atau ayam ketawa, harganya tidak kalah mahal. Harga ayam kukuak balenggek pemenang lomba bisa dibanderol Rp20juta—Rp40 juta per ekornya.