Jenis Ayam Kampung dari Berbagai Daerah di Indonesia

Pertanianku — Ayam kampung di Indonesia memiliki banyak julukan, mulai dari ayam sayur, ayam buras, ataupun ayam lokal. Selain itu, nama ayam-ayam pribumi ini juga sering berasal dari nama kampung halamannya atau asal ayam tersebut. Ada banyak jenis ayam kampung yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, simak ulasan berikut.

jenis ayam kampung
foto: pertanianku

Ayam sumatera

Jenis ayam kampung ini berasal dari Sumatera Barat memiliki perawakan yang gagah tetapi ukurannya kecil. Kulit wajah ayam berwarna merah atau hitam dan ditumbuhi bulu halus yang jarang. Bobot ayam sumatera jantan mencapai 2 kg, sedangkan betinanya sekitar 1,5 kg.

Ayam belenggek

Ayam belenggek berasal dari Solok. Ayam ini mampu menghasilkan telur sebanyak 12—18 butir telur per musim. Bobot badan pejantannya mencapai 1,602 kg per ekor, sedangkan betinanya sekitar 1—1,5 kg per ekor. Ayam belenggek telah menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Barat, tetapi sayangnya ayam ini sudah hampir punah.

Pitik walik

Pitik walik berasal dari Bogor dan Sukabumi, Jawa Barat. Pitik walik memiliki ciri khas berupa bulu yang tumbuh ke luar seperti rambut jabrik. Sosok pitik walik hampir mirip dengan ayam kampung. Bobot pejantannya sekitar 1—3 kg per ekor.

Ayam sentul

Ayam sentul berasal dari Ciamis, Jawa Barat. Ayam petelur sekaligus pedaging ini sudah mendekati kepunahan. Ayam sentul memiliki lima variasi, yakni sentul kelabu, emas, geni, debu, dan batu.

Ayam nunukan

Ayam nunukan berasal dari Pulau Tarakan dan Nunukan, Kalimantan Timur. Ayam nunukan merupakan ayam petelur dan mampu memproduksi telur sebanyak 182 butir per ekor per tahun.

Ayam kalosi

Ayam kalosi berasal dari Sulawesi Selatan dan merupakan ayam pedaging sekaligus petelur. Produksi telur ayam kalosi mencapai 140 butir per ekor per tahun.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Beternak Bebek Secara Tradisional

Ayam ayunai

Ayam ayunai berasal dari Meraku dan Papua. Produksi telurnya mencapai 40—60 butir per ekor per tahun dengan bobot telur sekitar 45—55 gram per butir.

Ayam bekisar

Ayam bekisar merupakan ayam hias asal Pulau Kangean, Madura. Ayam bekisar dengan suara merdu memiliki harga jual yang tinggi.

Ayam cemani

Ayam cemani berasal dari Kedu, Temangung, Jawa Tengah. Daging ayam kedu sering digunakan sebagai obat. Ayam ini mampu memproduksi telur hingga mencapai 215 butir per ekor per tahun.