Jenis Bahan Bakar Penghasil Asap untuk Pengasapan Ikan

Pertanianku — Untuk mengasapkan ikan, Anda bisa menggunakan beberapa bahan bakar penghasil asap. Banyak sekali pilihan bahan bakar yang bisa digunakan, di antaranya kayu, tempurung kelapa, cangkang kelapa sawit, sabut kelapa, dan batang ubi kayu. Berikut ini jenis bahan bakar untuk pengasapan ikan.

pengasapan ikan
foto: pertanianku

Kayu

Kayu yang sebaiknya digunakan adalah kayu keras karena mengandung selulosa, hamiselulosa, dan lignin. Di dalam kayu terdapat komponen molekul makro dan mikro. Komponen makro dalam kayu adalah selulosa, hemiselulosa dan lignin. Kadar ketiga senyawa tersebut bergantung pada jenis kayunya. Adapun komponen mikro di dalam kayu adalah zat mineral dan zat yang bersifat ekstraktif.

Loading...

Kayu keras paling sering digunakan karena bisa menghasilkan aroma yang lebih baik dibandingkan dengan kayu lunak atau kayu bergetah. Kayu keras bisa menghasilkan asap lebih banyak karena proses pembakarannya berlangsung lebih lambat.

Tempurung kelapa

Tempurung kelapa merupakan bagian yang paling keras pada buah kelapa. Bagian ini berfungsi untuk melindungi daging buah kelapa dari kerusakan yang bisa saja disebabkan oleh pengaruh eskternal.

Tempurung kelapa mengandung lignin dan sedikit selulosa. Kandungan methaxyl-nya hampir sama seperti kayu. Asap yang dihasilkan dari tempurung kelapa memiliki dua senyawa, yaitu fenol dan asam asetat, dua senyawa yang bersifat antimikroba.

Batang ubi kayu

Ubi kayu merupakan tanaman berumur pendek dan cukup mudah ditemukan karena sering dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Di beberapa daerah, ubi kayu dikenal juga dengan nama singkong atau ketela.

Ubi kayu mengandung polisakarida seperti hemiselulosa, selulosa, dan lignin. Jika diolah menjadi asap, asap cair yang dihasilkan mengandung berbagai macam senyawa seperti fenol, benzopiren, dan air dengan komposisi yang berbeda-beda.

Baca Juga:  Cara Panen Benih Ikan Lele yang Benar

Fenol merupakan senyawa yang dibutuhkan untuk mengawetkan makanan dengan asap. Kandungan fenol pada daging ikan yang diasapi bisa berasal dari batang ubi kayu.

Cangkang kelapa sawit

Di Indonesia, perkebunan kelapa sawit cukup banyak sehingga banyak pula menghasilkan limbah, salah satunya berupa cangkang. Cangkang tersebut bisa digunakan untuk bahan baku pengolahan asap cair.

Loading...
Loading...