Jenis Bahan Baku Pakan Ayam yang Menjadi Sumber Protein

Pertanianku — Protein menjadi salah satu unsur zat gizi yang harus dipenuhi dalam pakan ayam untuk menunjang pertumbuhan ayam ternak. Sebaiknya, gunakan salah satu bahan baku pakan ayam yang mengandung sumber protein tinggi. Sumber protein tersebut bisa didapatkan dari hewani dan tumbuhan. Berikut ini beberapa bahan baku pakan ayam yang bisa menjadi sumber protein.

bahan baku pakan ayam
foto: unsplash

Bungkil kedelai

Bungkil kedelai merupakan salah satu bahan pakan sumber protein yang sering digunakan oleh para peternak dalam formulasi pakan ayam. Bungkil kedelai mengandung protein yang cukup tinggi dan kaya lisin, tetapi metioninnya rendah. Di Indonesia, penyediaan bungkil kedeai memang belum ada, peternak biasanya mendapatkannya diimpor dari beberapa negara, seperti Amerika dan India.

Loading...

Corn gluten meal (CGM)

Corn gluten meal merupakan sumber protein yang didapati dari pengolahan jagung yang dilakukan secara basah. Kandungan lisin pada CGM relatif rendah sehingga penggunaan CGM harus disuplai dengan sumber lisin sintetis. Penggunaan CGM dalam pakan yang lebih dari 10 persen dapat meningkatkan warna kuning pada telur kuning.

Tepung ikan

Tepung ikan merupakan sumber protein berasal dari hewan yang sering digunakan dalam pakan ayam karena mengandung protein berkualitas dan asam amino yang baik. Tepung ikan sudah bisa didapatkan dari produksi lokal ataupun impor. Kandungan tepung ikan lokal berbeda-beda tergantung jenis ikan yang digunakan. Sebelum menggunakannya, sebaiknya analisis terlebih dahulu kandungan protein kasar dan kalsiumnya.

Bungkil kelapa

Bungkil kelapa merupakan hasil yang diperoleh dari ekstraksi daging buah kelapa segar dan bisa digunakan menjadi sumber protein yang baik. Namun, penggunaan bungkil kelapa masih terbatas karena disebabkan ayam yang masih sukar mencerna protein bungkil kelapa, kandungan lisin dan metionin yang tidak seimbang, dan mudah tengik jika disimpan dalam waktu yang lama karena mengandung minyak yang cukup tinggi.

Baca Juga:  Bagian Burung Puyuh yang Bisa Dimanfaatkan Selain Daging dan Telur

Bungkil kacang tanah

Bungkil kacang tanah didapatkan dari hasil penggilingan biji kacang tanah setelah ekstraksi minyak secara mekanis ataupun kimia. Namun, penggunaan bungkil kacang tanah masih terbatas karena mengandung serat kasar yang tinggi.

Tepung daging dan tulang

Bahan pakan ini merupakan sumber protein hewani dengan kualitas yang sangat bervariasi tergantung dengan jumlah tulang yang digunakan.

Loading...
Loading...