Jenis Bawang yang Bisa Menjadi Obat Herbal

Pertanianku — Bawang biasa digunakan sebagai bumbu masakan karena bisa memberikan rasa serta aroma pada makanan. Namun, tak jarang, bawang digunakan sebagai obat herbal karena kandungan yang dimilikinya bisa mengobati beberapa penyakit tertentu. Berikut ini beberapa jenis bawang yang bisa dijadikan obat herbal.

jenis bawang
foto: pertanianku

Bawang daun

Bawang daun sering digunakan sebagai sayuran pelengkap untuk menambahkan aroma, rasa, serta perpaduan warna masakan yang sudah jadi. Bawang daun memiliki aroma yang sangat khas dan sering dicampurkan ke dalam makanan berkuah seperti soto dan sop. Bagian yang bisa dimanfaatkan dari bawang daun untuk menjadi obat herbal adalah daunnya.

Loading...

Daun bawang mengandung minyak esensial berupa allicin, dialil sulfide, dan kalsium oksalat. Kandungan tersebut bisa berguna untuk mengatasi penyakit seperti pilek, demam dan flu, kesehatan kulit, diabetes, cacingan, infeksi dan luka, menghambat jamur kulit, basil disentri, serta menjaga kesehatan jantung.

Bawang dayak

Bawang dayak sering disebut sebagai bawang siyem oleh masyarakat Sunda. Tanaman ini bisa dipadukan dengan benalu teh untuk dijadikan ramuan anti-infeksi, antibakteri, antiradang, dan pembersih darah. Bagian dari tanaman bawang dayak yang bisa digunakan menjadi obat herbal adalah umbi dan daun. Bagian tersebut mengandung alkaloid, glikosida, flavonoid, fenolik, steroid, dan zat tannin.

Kandungan yang dimiliki oleh bawang dayak bisa digunakan untuk menurunkan demam, masa nifas, mual, sembelit, susah kencing, dan disentri. Tanaman ini bisa digunakan juga untuk menyembuhkan gejala kronis, terutama untuk penyakit dalam seperti kanker dan tumor.

Bawang merah

Bagian tanaman bawang merah yang bisa digunakan sebagai obat herbal adalah umbi bawang merah. Bagian tersebut mengandung minyak atsiri yang terdiri atas dialilsulfida, propantiol-S-oksida, S-Alil-L-Sisteim-sulfoksida atau Aliin, prostaglandin A-1, dan masih banyak lagi kandungan yang berguna untuk kesehatan manusia.

Baca Juga:  Umbi Bawang Berlian Berkhasiat Sembuhkan Berbagai Penyakit

Bawang merah bisa digunakan untuk mengobati sakit telinga, kanker, kuman di mulut, dan jerawat. Pada dasarnya bawang merah digolongkan menjadi tanaman obat karena mengandung efek antiseptik dan senyawa aliin.

Bawang putih

Kandungan di dalam bawang putih hampir sama seperti bawang merah. Bawang ini mengandung aliin dan sulfur, bisa digunakan untuk mengobati kanker, hipertensi, jantung, kolesterol, dan berbagai jenis penyakit kulit.

Loading...
Loading...