Jenis Bisnis untuk Lahan Terbatas

Pertanianku — Jika memiliki lahan yang luas, Anda mungkin bisa melakoni bisnis pertanian dengan berbagai komoditas. Namun, bagaimana dengan lahan yang terbatas? Adakah jenis bisnis untuk lahan terbatas? Tentu saja ada!

jenis bisnis untuk lahan terbatas
Foto: Pixabay

Jika Anda memiliki tanah yang minim namun ingin membuka usaha, tidak perlu bingung karena sebenarnya ada banyak inspirasi usaha yang bisa Anda buat di lahan minim yang kita miliki itu. Salah satunya adalah usaha hidroponik cabai dan sayuran lain.

Usaha hidroponik cabai ini tidak dapat dianggap remeh. Masyarakat kita yang notabene gemar makan makanan pedas membuat cabai laris di pasaran. Belum lagi harga cabai yang meningkat akhir-akhir ini membuat usaha ini sangat cocok untuk dicoba.

Loading...

Berbicara soal usaha hidroponik cabai, hal pertama yang harus Anda siapkan adalah modal. Akan tetapi, dalam membuat usaha hidroponik cabai sebenarnya dengan modal minim pun bisa Anda lakukan.

Potensi keuntungan bisnis memang tidak main-main. Anda bisa melakukan analisis estimasi keuntungan atau laba bersih yang akan didapatkan dari bisnis ini. Asumsikan untuk lahan ½ hektare Anda bisa menghasilkan sebanyak 1 ton cabai.

Perkiraan harga 1 kg cabe hidroponik adalah sekitar Rp45 ribu. Dengan begitu, kita bisa menghitung penghasilan kotor kita, yakni sebesar Rp45 juta. Bagaimana? Menarik bukan? Belum lagi jika harga cabai sedang naik. Tentunya, bisnis ini akan sangat menguntungkan.

Itu baru asumsi dengan modal awal yang minim, jika Anda memiliki lahan yang lebih luas, tentu keuntungan yang didapatkan juga dapat lebih banyak. Bisnis cabai hidroponik ini memang sedang hits dan menjamur karena dengan lahan yang terbatas, kita tetap bisa menghasilkan uang.

Baca Juga:  Tips Sukses Perpanjang Tanaman Cabai
Loading...
Loading...