Jenis Buah yang Bagus Dikonsumsi saat Berbuka Puasa

Pertanianku — Selama ini buah yang sering disajikan saat berbuka puasa adalah kurma. Selain kurma, ada juga beberapa buah lainnya yang bagus disajikan untuk berbuka puasa dan sahur. Buah yang dikonsumsi ketika berbuka puasa berfungsi melepas dahaga dan mengembalikan energi. Melansir dari Majalah Trubus Edisi 617, buah yang dipilih untuk berbuka puasa sebaiknya buah yang banyak mengandung air dan manis, seperti melon dan semangka, meski sebetulnya tidak ada aturan khusus dalam mengonsumsi buah.

berbuka puasa
foto: Pixabay

Melon

Melon banyak mengandung vitamin A, B, dan C, serta mengandung protein, kalsium, dan fosfor. Kandungan nutrisinya, antara lain 15 mg kalsium, 25 mg fosfor, 0,5 mg besi, 34 mg vitamin C, 640 mg vitamin A, dan 0,03 mg vitamin B1.

Kadar air melon mencapai 95 persen sehingga memberikan efek menyejukkan. Oleh karena itu, melon dapat meredakan panas dalam dan membersihkan ginjal dari sisa metabolisme. Buah melon juga kaya serat yang bermanfaat mencegah terbentuknya senyawa karsinogenik (pemicu kanker), menurunkan kolesterol, mempermudah proses buang air besar, membantu penurunan berat badan, mengontrol gula darah sehingga bermanfaat mencegah diabetes.

Zat-zat gizi yang terdapat di dalam melon sangat baik untuk kulit, mata, saraf, ginjal, serta mampu menjadi penangkal kanker. Kadar vitamin C (asam askorbat) per 100 gram sekitar 34 mg. Vitamin C ini dapat diandalkan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Semangka

Semangka terkenal sebagai buah dengan rendah kalori dan lemak sehingga bagus dikonsumsi untuk melangsingkan tubuh. Kandungan air di dalam semangka cukup tinggi, mencapai 92 persen. Selain itu, semangka juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, serat, abu, vitamin (A, B1, B6, asam folat, dan C), asam amino citrulline, asam amino asetat, asam malat, asam fosfat, asam pantotenat, arginin, betain, likopen, betakaroten, bromin, mineral, biotin, lisin, gula alami, dan serat larut.

Baca Juga:  Manfaat Propolis sebagai Antibiotik Alami

Satu cangkir semangka yang setara dengan 154 gram mengandung 48 kalori dan dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebesar 19,5 persen dan vitamin A sebesar 13,9 persen.

Buah yang terkenal mengandung banyak air ini bermanfaat mengatasi perut kembung, sembelit, polip usus, sakit tenggorokan, sariawan, hepatitis, hipertensi, impotensi, keracunan alkohol, menghilangkan kerutan wajah, dan menurunkan kadar asam urat.