Jenis Budidaya Tanaman Cepat Panen dan Menguntungkan


Pertanianku — Indonesia memiliki anugerah dalam hal keragaman tumbuhan dan kesuburan tanah. Ada banyak jenis tanaman yang dapat dibudidayakan. Namun, apa saja jenis budidaya tanaman yang bisa cepat panen dan menguntungkan? Berikut ini ulasannya.

budidaya paprika
Foto: Pixabay
  1. Tanaman herbal

Tanaman obat adalah salah satu jenis tanaman yang banyak kegunaannya. Tak jarang orang lebih menyukai pengobatan herbal dan alami daripada menggunakan obat-obatan racikan kimia. Nah, inilah yang menyebabkan banyak keuntungan yang dihasilkan dari budidaya tanaman herbal.

  1. Tomat

Tanaman sayuran yang satu ini memang sangat mudah dikembangkan dan tidak memerlukan waktu lama untuk pertumbuhannya. Hal menarik lainnya dari budidaya tomat adalah perawatan yang tidak sulit, bahkan mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Karena mudah tumbuh dan tidak sulit dalam pemeliharaannya, tomat termasuk jajaran tanaman yang mudah menghasilkan uang jika dibudidayakan. Harga jual tomat juga relatif stabil di pasaran. Jadi, tidak perlu khawatir akan kerugian yang berarti.

  1. Paprika

Paprika merupakan jenis tanaman sayuran yang juga mudah untuk dirawat, cepat tumbuh, dan mudah untuk menghasilkan uang. Paprika masih tergolong tanaman budidaya yang lumayan langka di Indonesia. Oleh karena itu, peluang untuk menghasilkan banyak uang masih terbuka sangat lebar. Apalagi dengan permintaan paprika yang kian meningkat di pasaran dari hari ke harinya.

  1. Sayuran

Masyarakat pada umumnya memang memerlukan sayuran di keseharian mereka. Jadi, jika ingin mendapatkan keuntungan nyata dari usaha budidaya tanaman, jawaban terbaiknya adalah dengan mengembangkan budidaya sayuran.

Ada banyak sekali sayuran yang permintaannya tidak pernah surut di pasaran dan merupakan jenis yang mudah tumbuh. Beberapa daftar sayuran yang mudah tumbuh di antaranya lobak, sawi hijau, kacang polong, bayam, dan kangkung.

  1. Bunga hias
Baca Juga:  Cara Mudah Budidaya Tanaman Kacang Koro Bagi Pemula

Ada beberapa jenis bunga hias yang sangat mudah dibudidayakan dan juga berumur singkat. Kita ketahui bahwasanya tanaman hias jenis bunga sudah bisa dijual jika memiliki putik bunga atau bahkan sebelum berputik. Bunga hias bisa dijual sepanjang masa. Jadi, ini merupakan salah satu jenis budaya tanaman yang mudah menghasilkan uang.