Jenis Buncis yang Bisa Anda Jumpai di Pasaran

Pertanianku — Indonesia memiliki beragam jenis buncis yang tersebar hampir di seluruh penjuru Nusantara. Buncis sendiri merupakan sayuran yang berasal dari Benua Amerika dan sudah menyebar hampir ke seluruh belahan bumi berbagai macam jenis buncis.

jenis buncis
foto: pixabay

Buncis di Indonesia sendiri merupakan jenis sayuran yang memiliki banyak penggemar karena harganya relatif murah, rasanya enak, dan gurih. Buah yang masih muda dan kecil memiliki rasa yang manis dan segar jika dimakan mentah. Namun, umumnya buncis dikonsumsi setelah diolah menjadi beragam jenis resep masakan.

Buncis juga menjadi salah satu sumber vitamin A, C, dan B kompleks bagi tubuh. Selain vitamin, buncis juga memiliki kandungan minral Fe, K, dan P serta kaya akan kandungan protein. Bahkan, serat dalam buncis bermanfaat untuk mencegah kanker usus, tekanan darah tinggi, dan konstipasi.

Loading...

Tak diragukan lagi jika banyak manfaat buncis bagi tubuh yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini beberapa jenis buncis yang bisa Anda jumpai di pasaran.

Buncis lokal surakarta

Buah polongnya berwarna hijau cerah dengan bentuk biji yang bulat dan setelah tua akan berwarna hitam.

Buncis lokal bandung

Buncis ini juga dikenal dengan buncis babud. Ukuran polonng buncis babud terbilang cukup panjang, yaitu sekitar 15 cm denan penampang lintang membulat dan berwarna hijau muda. Setelah tua, polong buncis akan berubah warna menjadi putih.

Buncis kopak

Buncis kopak memiliki polong berbentuk pipih dengan lebar dan panjang sebesar 3,5 cm × 22 cm. Setelah tua, bijinya akan berwarna putih dan agak pipih. Ukuran buncis kopak terbilang lebih besar dibanding biji buncis babud.

Buncis hawaian wonder

Polong buncis hawaian wonder berukuran lebih besar dibandingkan buncis babud, tetapi warnanya lebih muda. Bijinya berwarna keabu-abuan.

Baca Juga:  Cara Pemberian Pupuk pada Sistem Tumpang Sari Cabai dan Bawang Merah

Buncis kasender

Polong buncis kasender berukuran panjnag dan berbentuk lurus. Panjang buncis ini sekitar 12 cm dengan biji tua berwarna cokelat muda.

Buncis hawkesburny wonder

Polong buncis ini berbentuk pipih dengan panjang sekitar 12 cm Ukuran biji buncis ini terbilang paling besar jika dibandingkan dengan jenis buncis lainnya.

Loading...
Loading...