Jenis Bunga Mawar yang Bisa Tumbuh Di Indonesia


Pertanianku — Bunga mawar merupakan salah satu jenis bunga yang sangat populer dan sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat, baik di Indonesia maupun dunia. Tahukah Anda, ada berapa jenis bunga mawar yang bisa tumbuh di Indonesia?

jenis bunga mawar
Foto: Pixabaya

Banyak sekali jenis bunga mawar, baik itu yang tumbuh di Indonesia maupun di dunia. Jenisnya mulai dari mawar liar (wild rose), old garden roses, climbing roses, dan banyak lagi. Jenis-jenis mawar ini tidak bisa kita temui semuanya di Indonesia. Sebab, syarat tanaman bunga mawar untuk hidup itu bergantung pada ketinggian tempat dan kondisi iklim.

Bunga mawar termasuk dalam tanaman tahunan (genus Rosadan kels Dicolylodonae). Mawar yang juga termasuk ke dalam jenis tanaman hias yang sangat populer dan sudah lama dibudidayakan di Indonesia karena sangat diminati pecintanya. Berikut ini beberapa jenis bunga mawar yang dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di Indonesia.

  1. Mawar talitha

Bunga ini merupakan mawar potong jenis bunga ganda yang memiliki warna oranye. Permukaan daunnya bergelombang dan panjang tangkainya 50—83 sentimeter dengan diameter bunga mekar 8 sentimeter. Kesegaran bunga mawar talitha dalam vas dapat bertahan hingga 7—9 hari.

  1. Mawar shanada

Mawar shanada merupakan jenis bunga ganda yang memiliki warna pink cerah (bright pink). Panjang tangkainya 45—60 sentimeter dengan diameter bunga mekar 9—11 sentimeter. Kesegaran bunga ini dalam vas dapat bertahan 5—8 hari.

  1. Mawar pertiwi

Mawar pertiwi merupakan jenis bunga mawar yang memiliki warna merah muda. Panjang tangkainya 5,65—7,54 sentimeter dengan diameter bunga mekar 8,84—9,01 sentimeter dan hanya memiliki sedikit duri pada tangkainya. Mawar ini tahan tanpa naungan.

  1. Mawar putri

Mawar putri merupakan jenis bunga mawar potong ganda yang memiliki warna merah tua (dark red) dan permukaan daunnya bergelombang. Panjang tangkai mawar jenis ini, yaitu 55—105 sentimeter dengan diameter bunga 9,5—11,5 sentimeter. Aroma bunga mawar jenis ini sedikit wangi dan kesegarannya dalam vas bunga dapat bertahan antara 8—9 hari.

  1. Mawar mega putih
Baca Juga:  Tanaman Indah Kacapiring Sebagai Penyembuh Ajaib

Mawar jenis ini merupakan mawar dengan bentuk tepi petal bunganya keriting. Jumlah petal berkisar antara 104—138 helai. Mawar jenis ini memiliki tangkai bunga kokoh sepanjang 7—8 sentimeter dan panjang tangkai total 47—85 sentimeter.

Ukuran bunga ini tergolong besar dengan diameter 9—12 sentimeter. Diameter bunga kuncup 2,12—2,15 sentimeter. Aroma bunga sedikit wangi (light fragrance). Kesegaran bunga setelah dipotong bisa 7—9 hari.