Mengenal Jenis Burung Berdasarkan Bentuk Paruh


Pertanianku –  Bentuk paruh burung dipengaruhi oleh jenis pakan yang biasa dimakan burung. Pengelompokkan jenis burung berdasarkan bentuk paruh yaitu sebagai berikut.

bird 8

  1. Kelompok Burung Pemakan Nektar/Madu Bunga

Spesifikasi kelompok burung pemakan nektar atau madu b unga (nektarivor) yaitu burung yang memiliki tubuh berukuran relatif kecil, tetapi paruhnya melengkung panjang, serta lidah yang panjang pula. Kondisi seperti itu berfungsi untuk mengisap nektar dari berbagai jenis bunga sebagai sumber makanannya. Salah satu contohnya yaitu sebagian besar anggota suku Nectariniidae, seperti burung madu kelapa (Anthreptes malacensis) dan burung-madu jawa (Aethopyga mystacalis).

  1. Kelompok Burung Pemakan Biji-bijian

Spesifikasi kelompok burung pemakan biji-bijian (seedivora) yaitu tubuh berukuran relatif kecil, ekor pendek, dan berparuh tebal pendek yang berguna untuk memakan biji-bijian. Umumnya, yang termasuk burung pemakan biji-bijian adalah anggota jenis dari suku Ploceidae dan Estrildidae di antaranya kelompok gelatik jawa (Padda oryzivora), pipit (Lonchura leucogastroides), dan manyar (Ploceus manyar).

  1. Kelompok Burung Pemakan Serangga

Kelompok burung pemakan serangga (insectivora) cukup beragam. Tubuhnya relatif kecil hingga berukuran agak besar. Beberapa contoh di antaranya burung ocehan yang memiliki suara bagus dan spesifikasinya berkumis. Hal ini berfungsi sebagai salah satu alat untuk mematikan mangsanya yang sebagian besar adalah serangga. Contoh jenis burung pemakan serangga yaitu poksai jambul (Garrulax leucolophus) dan kelompok srigunting anggota dari suku Dicruridae.

  1. Kelompok Burung Pemangsa

Spesifikasi kelompok burung pemangsa (predator) adalah ber ukuran tubuh relatif agak besar, paruh berkait dengan taji atau cakar yang tajam dan kokoh atau kuat, berfungsi untuk mematikan dan mencabikcabik mangsanya. Di antaranya adalah kelompok elang Jawa (Spizaetus bartelsi) dari anggota suku Accipitridae, serta beberapa jenis elang atau alap-alap dari suku Falconidae dan Pandionidae.

  1. Kelompok Burung Pemakan Ikan
Baca Juga:  Cara Paling Mudah Budidaya Semangka Tanpa Biji

Spesifikasi kelompok burung pemakan ikan (fishivor) yaitu tubuh yang berukuran sedang, ekor pendek, kepala besar, dan paruh yang panjang serta kuat. Burung yang termasuk ke dalam jenis ini yaitu pemakan ikan yang sebagian besar merupakan jenis burung dari suku Alcedinidae. Beberapa di antaranya yaitu raja udang (Halcyon chloris) dan pekaka emas (Pelargopsis capensis).

Sumber:  Buku Formulasi Pakan Burung