Jenis Burung Berdasarkan Jenis Pakannya


Pertanianku –  Pakan burung terdiri atas beberapa macam, seperti biji-bijian, serangga, buah-buahan, dan madu. Pengelompokan jenis burung berdasarkan makanannya yaitu sebagai berikut.

Jenis Burung Berdasarkan Jenis Pakannya

1.Insectivora

Insektivora adalah jenis burung pemakan serangga. Contohnya yaitu pentet (Lanius schach), engkiyong flores (Pachycephala nudigula), dan sulingan banyumas (Cyornis banyumas).

  1. Seedivora

Seedivora merupakan burung yang jenis makanannya terdiri atas biji-bijian. Contohnya yaitu gelatik jawa (Padda oryzivora), emprit (Lonchura leucogastroides), perkutut (Geopelia striata), dan tekukur (Streptopelia chinensis).

  1. Frugivora

Frugivora adalah burung-burung yang jenis makanannya terdiri atas buah-buahan. Sebagian besar burung pemakan buah-buahan di hutan adalah kelompok cucak hijau (Chloropsis sonneratii) serta kelompok Megalaima (bultok).

  1. Nectarivora

Nectarivora adalah burung-burung yang jenis makanannya berupa nektar/madu bunga. Contohnya yaitu anggota suku Nectariniidae (Nectarinia jugularis), burung Jantung kelapa (Anthreptes malacensis), dan burung jantung pisang (Arachnothera longirostra).

  1. Fishivora

Fishivora adalah jenis burung pemakan ikan. Beberapa contohnya yaitu burung cekakak (Halcyon chloris), pecuk ular (Anhinga melanogaster), dan kowak maling (Nycticorax nycticorax).

  1. Carnivora

Carnivora merupakan jenis burung pemakan daging. Umumnya, jenis burung ini adalah kelompok pemangsa, seperti elang dan burung hantu.

  1. Omnivora

Burung dari kelompok pemakan segala ini di antaranya kenari dan kutilang (Pycnonotus aurigaster). Kenari dan kutilang dapat memakan buah-buahan seperti pisang dan pepaya, tetapi tidak jarang terlihat memakan serangga.

Sumber:  Buku Formulasi Pakan Burung

loading...
loading...