Jenis Burung Kicau Mahal yang Sering Diperlombakan

Pertanianku — Saat ini, pemelihara burung kicau semakin ramai karena semakin banyak pula lomba-lomba yang diselenggarakan khusus untuk burung bersuara merdu. Walaupun burung kicau memiliki banyak jenis, hanya beberapa yang populer diperlombakan. Bahkan, kebanyakan adalah jenis burung kicau mahal. Apa saja jenis burung kicau mahal yang sering diperlombakan?

jenis burung kicau mahal
Foto: Google Image
  1. Burung kacer

Burung yang punya nama lain kucica kampung ini menjadi salah satu burung kicau yang terbilang populer di kalangan penghobi burung. Harga burung yang satu ini cukup bervariasi mulai dari Rp250 ribu hingga lebih dari Rp1,5 juta.

Bervariasinya harga burung kacer dikarenakan burung ini jenisnya bermacam-macam. Mulai dari kacer poci, kacer sumatra, kacer jawa, kacer madagaskar, kacer kalimantan, kacer bali, kacer blorok, kacer putih, hingga kacer hutan.


Loading...
  1. Burung murai

Burung yang satu ini juga terkenal di kalangan penghobi burung. Saking terkenalnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun ikut memeliharanya. Bahkan, Jokowi pernah ikut perlombaan burung kicau yang diselenggarakan di Bogor, meskipun akhirnya tidak mendapat juara.

Sama seperti burung kacer, mahal atau murahnya burung kicau ini tergantung dari jenis-jenisnya. Harga burung murai mulai dari Rp250 ribu—Rp3 juta. Jenis-jenis burung murai yang diperjualbelikan antara lain burung murai air, murai batu medan, murai batu borneo, murai batu medan trotolan, murai batu nias ekor hitam, murai batu aceh trotolan hutan, murai batu aceh, murai batu nias ekor hitam trotolan, murai batu nias trotolan, hingga murai batu jadi.

  1. Burung jalak suren

Burung kicau yang satu ini juga punya penggemar yang terbilang banyak. Harga jualnya pun terbilang lebih mahal dari kacer ataupun murai. Burung jalak suren dijual mulai dari Rp330 ribu—Rp1,45 juta.

Baca Juga:  Sayuran yang Baik Bagi Tumbuh Kembang Hamster

Tak hanya harganya yang beragam, jenis burung jalak suren pun bermacam-macam. Ada jalak suren gacor, jalak suren bakalan, jalak suren jawa gacor, jalak suren jawa jinak, jalak suren lokal, jalak suren lokal anakan, hingga jalak suren malaysia.

  1. Burung cucak rowo

Selanjutnya, ada burung cucak rowo sebagai burung burung kicau yang diburu para penghobi burung. Burung ini dijual mulai dari harga Rp800 ribu—Rp9 juta. Harganya jelas lebih mahal dibanding burung kacer, murai, dan jalak suren. Mahal atau murahnya harga tersebut disesuaikan berdasarkan jenisnya. Misalnya, burung cucak rowo papua dijual dengan harga Rp800 ribu.

Lain lagi dengan burung cucak rowo gacor yang dijual dengan harga Rp5 juta—Rp9 juta. Kemudian ada cucak rowo bakalan yang dijual dengan harga Rp4 juta—Rp5 juta.

Loading...
Loading...