Jenis Burung Pleci Favorit Hobiis Burung Kicau

Pertanianku — Burung pleci termasuk dalam kelompok keluarga Zosteropidae dan tersebar dari Aceh hingga bagian barat Pulau Sumatera. Namun, saat ini jenis burung tersebut sudah banyak dijual di Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Dari beberapa jenis yang ada, ada 4 jenis burung pleci yang laku di pasaran karena memiliki karakteristik yang disukai oleh hobiis burung kicau. Berikut ini jenis burung pleci favorit para hobiis.

jenis burung pleci
foto: Oleh Maga-chan – Photo taken by Maga-chan, CC BY-SA 2.5, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=554445

Kacamata jawa

Burung pleci kacamata jawa memiliki nama ilmiah Zosterops flavus berukuran 10 cm. Hingga saat ini belum ada penjelasan resmi mengapa burung ini dinamakan kacamata jawa. Ciri-ciri fisik dari burung pleci kacamata jawa adalah tubuh bagian atas berwarna kuning zaitun, sedangkan pada bagian bawah berwarna kuning terang.

Loading...

Burung kacamata jawa memiliki lingkar mata berwarna putih, pada bagian antara paruh dan mata tidak terdapat bintik hitam. Suara burung kacamata jawa terbilang cukup tinggi, tapi terdengar tipis.

Kacamata gunung

Burung pleci kacamata gunung memiliki nama ilmiah Zosterops montanus. Burung ini dinamakan kacamata gunung karena hidupnya di beberapa daerah pegunungan. Jenis burung ini lebih besar dibandingkan burung kacamata jawa, ukuran tubuhnya mencapai 11 cm. Suara dari pleci kacamata gunung lebih besar dan lebih keras.

Ciri fisik burung pleci kacamata guung adalah tubuh bagian atas berwarna hijau, ekornya berwarna lebih gelap, kerongkongan dan bulu penutup ekor bawah berwarna kuning, dan bagian perut berwarna putih. Burung ini memiliki lingkar mata berwarna putih dan tidak ada bintik hitam antara paruh dan mata.

Kacamata biasa

Burung pleci kacamata biasa atau oriental white eye belum memiliki keterangan resmi dari peneliti tentang penamaannya. Jika dilihat secara fisik, ukuran tubuh burung pleci kacamata biasa sama seperti kacamata gunung. Hanya berbeda warna, pada bagian kepala berwarna kuning zaitun, sedangkan pada bagian punggung, tenggorokan, dada, dan perutnya berwarna kuning.

Baca Juga:  Waspadai Penyakit Ketosis yang biasa Diidap Sapi Perah pada Awal Laktasi

Burung ini memiliki lingkar mata putih bersih dan tidak memiliki bintik hitam antara mata dan paruh. Terdapat garis kuning di sekitar dada. Siulan burung ini keras, tetapi bercampur nada yang lembut.

Kacamata laut

Burung kacamata laut memiliki nama ilmiah Zosterops chloris disebut kacamata laut karena populasi burung ini banyak ditemukan di daerah hutan bakau, terutama pada pinggiran pantai. Ukuran tubuh kacamata laut adalah 11 cm. Bagian kepala berwarna kuning zaitun, sedangkan pada dada dan perut berwarna kuning pucat.

Burung ini memiliki bintik hitam antara mata dan paruhnya. Siulan burung ini bernada tinggi, tetapi kurang tebal.

 

 

 

 

 

 

Loading...
Loading...