Jenis Durian Unggul yang Laris di Pasaran

Pertanianku — Salah satu buah favorit yang dimiliki oleh Indonesia adalah durian. Buah yang memiliki aroma sangat tajam dengan rasanya yang khas selalu berhasil menarik perhatian masyarakat. Durian merupakan tanaman musiman yang hanya berbuah di musim-musim tertentu. Di antara 93 jenis durian yang ada di Indonesia, ada beberapa jenis durian unggul yang laris di pasaran.

jenis durian
foto: pexels

Tiap jenis durian unggul memiliki kelebihan yang berbeda-beda dengan musim panen yang berbeda juga. Durian unggul selalu memiliki harga jual tinggi karena banyak diminati warga, kendati demikian durian tersebut tetap laris. Banyak orang rela membayar buah durian yang mahal demi sensasi buah durian yang sangat lezat ini.

Berikut ini beberapa jenis durian unggulan yang bisa Anda jumpai di Indonesia.

Loading...

Durian Sikirik

Durian sikirik memiliki daging buah yang ngelotok dan tidak menempel di biji. Durian ini berasal dari Banjarnegara dan merupakan salah satu durian lokal unggulan yang sudah dibudidayakan di mana-mana. Durian ini semakin terkenal karena sering diikutkan pada berbagai festival durian.

Durian pelangi

Sesuai dengan namanya, durian pelangi memiliki daging buah yang berwarna-warni. Daging buah yang kuning memiliki semburat berwarna merah yang sangat cantik. Durian pelangi berasal dari Manokwari, Papua Barat. Tanaman ini pertama kali ditemukan oleh peneliti asal Sumatera Selatan yang bernama Karim Aristides.

Durian bokor

Durian bokor berasal dari Majalengka, Sukahati, Jawa Barat. Pohon durian bokor tiap tahunnya mampu menghasilkan buah sebanyak 50—200 buah. Durian bokor memiliki daging buah bertekstur halus dan tidak berserat. Oleh karena itu, banyak konsumen yang menyukainya karena tidak terganggu dengan serat buah yang terkadang nyelip di antara sela-sela gigi.

Baca Juga:  Dampak Negatif dari Pestisida Kimia

Durian simemang

Durian simemang memiliki daging buah cukup tebal sehingga membuat yang memakannya merasa puas. Simemang sama seperti sikirik, yakni buah durian yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Tengah. Pohonnya bisa memproduksi buah sebanyak 200—400 buah tiap tahunnya.

Durian tembaga

Durian ini memiliki daging yang berwarna kuning menyerupai warna tembaga. Durian ini berasal dari Kampar, Riau. Pohon durian tembaga bisa menghasilkan buah sebanyak 100—300 buah tiap tahunnya.

Loading...
Loading...