Jenis Hewan Kurban yang Bisa Anda Pilih

Pertanianku — Tak hanya sapi, Anda bisa memilih hewan kurban yang lain. Jenis hewan kurban tersebut adalah unta, sapi, kambing, ataupun domba. Semuanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Di luar konteks keagamaan, berikut ini hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih jenis hewan kurban.

Kambing

Jenis hewan kurban
Foto: freepik

Anda bisa memilih jenis hewan kurban berupa kambing. Hewan yang satu ini dalam bahasa Latin disebut Capra aegragus hircus dan banyak dibudidayakan di Asia Barat Daya ataupun Eropa. Hewan ini pun sudah cukup lama dikenal sebagai hewan ternak, yakni semenjak 7000 SM (Sebelum Masehi).

Loading...

Fisiknya yang kecil membuat harga kambing lebih murah ketimbang hewan kurban lainnya. Daging kambing pun cenderung hanya disukai beberapa kalangan karena baunya yang cukup menyengat. Namun, beragam olahan daging kambing yang lezat juga bisa dibuat.

Domba

Jenis hewan kurban
Foto: freepik

Hewan yang satu ini memiliki ukuran tubuh yang tidak jauh berbeda dengan kambing. Domba disebut juga biri-biri, dan dalam bahasa Latin disebut sebagai Ovis aries. Binatang ini juga sudah lama digembalakan, yakni sejak 9000 SM (Sebelum Masehi) di daerah Mesopotamia. Kini, budidaya domba tersebar di Asia Tengah, Asia Selatan, hingga Asia Barat Daya.

Di Indonesia, domba juga cukup sering digunakan sebagai hewan kurban. Satu ekor domba bisa digunakan untuk satu orang berkurban.

Sapi

Jenis hewan kurban
Foto: freepik

Bersama kambing, hewan yang satu ini merupakan yang terbanyak dijadikan hewan kurban saat Idul Adha. Binatang mamalia yang dalam bahasa Latin dikenal sebagai Bos taurus ini sudah digembalakan sejak 9500 SM (Sebelum Masehi) di daerah Timur Tengah.

Sapi banyak digunakan sebagai hewan kurban karena bisa dikurbankan oleh tujuh orang sekaligus. Hewan ini pun memiliki tekstur daging yang disukai. Rasa daging sapi yang lezat sering diolah menjadi beragam makanan, mulai dari soto hingga bakso.

Baca Juga:  Kiat Sukses Tingkatkan Produksi Susu Ternak

Kerbau

Jenis hewan kurban
Foto: pixabay

Di Indonesia, tidak banyak yang menggunakan hewan bernama ilmiah bubalus bubalis ini sebagai hewan kurban. Alasan utamanya karena daging hewan kerbau jarang dikonsumsi manusia. Hewan ini sendiri sudah dipelihara oleh manusia sejak 3000 SM (Sebelum Masehi). Sama seperti sapi, satu ekor kerbau bisa digunakan untuk mewakili tujuh orang saat berkurban.

Unta

Jenis hewan kurban
Foto: pixabay

Menyembelih unta saat Idul Adha sebagai hewan kurban diperbolehkan dalam agama Islam. Namun, unta sendiri bukanlah hewan asli Indonesia. Masyarakat Indonesia juga hampir tidak mengonsumsi daging unta untuk pemenuhan kebutuhan protein.

Hewan dari genus Camelus ini sudah dipelihara manusia sejak 3000 tahun yang lalu. Daerah yang banyak terdapat unta adalah Timur Tengah. Unta sendiri bisa digunakan untuk kurban sebanyak 10 orang sekaligus.

Loading...
Loading...