Jenis Ikan Asin yang Sering Dikonsumsi

Pertanianku — Ikan asin sering disajikan sebagai lauk pauk yang dapat menambah nafsu makan karena rasanya sangat akrab di lidah orang Indonesia. Pada dasarnya hampir semua jenis ikan dapat diasinkan, baik ikan laut maupun ikan air tawar. Namun, hanya ada beberapa jenis ikan asin yang populer di Indonesia.

jenis ikan asin
Foto: pixabay

Ikan asin adalah ikan yang dihasilkan dengan garam, kemudian dikeringkan agar kadar airnya menurun sangat drastis. Itu sebabnya ikan asin cenderung kering. Pengolahan ikan asin dilakukan secara tradisional. Teknik pengolahan tersebut dapat membuat ikan tidak mudah rusak dan bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini beberapa jenis ikan asin yang populer di Indonesia.

Ikan teri

Siapa sih yang tidak kenal dengan ikan teri, ikan berukuran kecil yang sangat mudah ditemui di pasaran. Ikan teri sangat mudah diasinkan menjadi teri jengki dan teri medan. Ikan teri yang sudah diasinkan bisa Anda kurangi kadar garamnya dengan cara dicuci dan direndam dengan air hangat sebelum diolah.

Ikan jambrong

Ikan jambrong biasanya dijual dalam bentuk sudah terbelah menjadi dua bagian dengan duri yang masih menempel. Ikan asin jambrong bercita rasa renyah dan gurih jika digoreng. Ikan ini sudah lezat hanya dengan digoreng, tetapi tak jarang banyak orang yang menjadikannya sebagai abon atau dimasak dengan sambal goreng.

Ikan gabus

Selain dikonsumsi dalam bentuk segar, ikan gabus juga sering diolah menjadi ikan asin. Ikan gabus asin memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan protein dan albumin yang tinggi. Oleh karena itu, harga olahan ikan asin gabus menjadi mahal.

Ikan asin bulu ayam

Baca Juga:  Langkah Mudah Budidaya Ikan Gabus

Produk ikan asin ini tidak terbuat dari bulu ayam, tetapi bagian pinggiran ikan dibuat menjuntai mirip dengan bulu ayam. Ikan asin bulu ayam merupakan salah satu jenis ikan asin yang digemari karena gurih dan renyah. Ikan asin ini dapat dijumpai di Jawa dan Kalimantan dengan harga yang terjangkau.

Ikan jambal roti

Penyuka ikan asin pasti kenal dengan ikan jambal roti yang terbuat dari jenis ikan manyung. Ikan jambal roti sering disajikan dengan nasi liwet atau sayur asem. Ikan asin ini terkenal karena memiliki daging putih yang tebal mirip seperti roti. Faktanya, harga ikan jambal roti cukup mahal dibanding jenis ikan asin lainnya.