Jenis Ikan Hias yang Cocok Bagi Pemula

Pertanianku Jenis ikan hias sangatlah beragam. Mulai dari habitatnya, ada jenis ikan hias yang cocok dipelihara di air tawar, air laut, ataupun air payau. Ada jenis ikan hias yang cukup diberi makan pelet ada pula yang harus hewan lain yang masih hidup. Bila Anda baru akan mulai memelihara ikan hias, berikut ini jenis-jenis ikan yang direkomendasikan.

Jenis ikan hias
Foto: dok. Pertanianku

Ikan platy

Ikan platy merupakan jenis ikan yang suka dengan kedamaian. Jenis ikan ini termasuk mudah dirawat dan dapat dipelihara dalam akuarium komunitas. Platy termasuk jenis ikan yang rukun dengan makhluk air lain. Oleh karena itu, ikan platy sangat cocok dipelihara oleh pemula.

Loading...

Tak hanya itu, ikan platy juga indah untuk dipandang. Jenis ikan platy hibrida memiliki warna tubuh yang beragam. Mereka mengonsumsi pakan olahan dan gangang. Jadi, ikan ini juga masuk kategori sebagai ikan pembersih akuarium.

Ikan cupang

Terkenal akan keindahannya, bibit ikan cupang sangat mudah untuk ditemui. Mulai dari pedagang pinggir jalan hingga toko ikan hias, mereka biasanya menyediakan ikan populer ini. Harganya pun beragam, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Sebagai pemula, sebaiknya Anda mulai memelihara ikan cupang dengan harga paling murah terlebih dahulu.

Ikan cupang sangat mudah dipelihara. Coraknya pun beragam sehingga banyak digemari sebagai ikan hias penghilang stres.

Ikan molly

Salah satu jenis ikan molly yang banyak dipelihara oleh pemula adalah ikan molly hitam. Ikan molly sendiri merupakan jenis ikan air tawar yang mudah dijumpai di alam liar. Sebagai pemula, sebaiknya Anda mulai dengan memelihara ikan pasif seperti jenis ikan molly ini.

Mereka dapat hidup di jenis air yang beragam. Ikan molly hitam menyukai ganggang sebagai pakan mereka. Dengan begitu, ikan ini dapat sekaligus dimanfaatkan sebagai ikan pembersih akuarium. Mereka juga merupakan ikan omnivora.

Baca Juga:  Perhatikan Kiat-kiat Sukses Budidaya Cacing Sutera

Ikan mas

Terakhir, jenis ikan yang tak kalah populer di kalangan pencinta ikan hias pemula adalah ikan mas. Warnanya yang beragam dan pemeliharannya yang mudah membuat ikan ini diminati oleh penikmat ikan hias.

Ikan mas bisa dipelihara dalam akuarium dengan suhu ruang. Hanya saja, air dalam akuarium perlu dibersihkan secara rutin karena ikan ini sering membuat ‘kerusuhan’ saat menyantap pakan. Saat ikan-ikan ini menyantap pakan, seringkali mengotori akuarium karena sisa pakan yang ditinggalkan.

Loading...
Loading...