Jenis Ikan Mas yang Populer di Masyarakat

PertaniankuIkan mas atau Cyprinus carpio berasal dari Cina dan Rusia, kemudian disebarkan ke Eropa, Asia Selatan, dan Asia Timur pada abad pertengahan. Saat ini ikan mas sudah menjadi salah satu ikan air tawar yang cukup populer di masyarakat Indonesia. Banyak menu makanan yang terbuat dari ikan air tawar ini. Tak heran, permintaan ikan mas terus berada pada posisi yang baik.

 ikan mas
foto: Pertanianku

Setiap daerah di Indonesia memiliki strain ikan mas yang berbeda dan tentunya sesuai dengan kondisi daerah tersebut. Berikut ini beberapa jenis ikan mas yang sudah cukup populer di tengah kalangan masyarakat Indonesia.

Punten

Ikan mas punten memiliki sisik berwarna hijau kehitaman, punggung yang tinggi, mata yang menonjol, dan terlihat lebih pendek jika dibandingkan dengan ras lainnya. Gerakan ikan terlihat tenang, lambat, dan jinak.

Sinyonya

Sinyonya bersisik kuning muda dan memiliki punggung yang lebih rendah dari punten dengan badan yang lebih panjang. Mata sinyonya tidak begitu menonjol, bahkan ikan yang sudah tua akan cenderung sipit. Sinyonya senang berkumpul di permukaan dan terlihat jinak.

Majalaya

Majalaya memiliki sisik berwarna hijau keabu-abuan dengan bagian tepi yang agak gelap. Warna tubuhnya semakin gelap ke arah punggung. Tubuh majalaya lebih pendek dengan punggung yang tinggi. Moncong ikan mas majalaya lebih memipih dibanding jenis lain.

Merah

Tidak sesuai dengan namanya, justru sisik ikan mas merah berwarna kekuningan. Badannya panjang dan penampang punggung tidak lancip. Mata ikan agak menonjol. Gerakan merah terbilang agresif, aktif, dan kurang jinak.

Kumpay

Jenis kumpay memiliki sisik berwarna kekuningan. Badannya panjang seperti jenis merah atau sinyonya. Sirip kumpay panjang dengan warna kemerahan, kekuningan, atau kuning emas. Gerakan jenis ikan ini terbilang lambat.

Baca Juga:  Ekspor Kelautan dan Perikanan Naik 4,5 Persen Selama Caturwulan I 2021

Kancra domas

Jenis kancra domas memiliki sisik yang kecil, tidak teratur, dan berwarna kemerahan tua. Pada bagian tengah badan terdapat garis yang membujur berwarna keperakan atau keemasan. Badan serta punggung ikan berwarna gelap. Gerakan ikan terbilang aktif dan kurang jinak.