Jenis Jamur Konsumsi Berdasarkan Tempat Hidupnya


Pertanianku — Tercatat ada 35 jenis jamur yang sudah dapat dibudidayakan dalam skala industri. Jenis jamur konsumsi berdasarkan tempat hidupnya digolongkan dalam dua tempat, yakni jamur kayu dan jamur kompos.

Jenis jamur konsumsi
Foto: Google Image

Jamur kayu

Ada dua jenis jamur yang seringkali dibudidayakan dengan menggunakan media kayu, yaitu jamur tiram dan jamur kuping.

  1. Jamur tiram

Jamur tiram dikenal dengan sebutan oyster mushroom. Bentuk tudung jamur ini menyerupai cangkang kerang atau tiram dengan bagian tepi bergelombang. Jamur ini memiliki bentuk tangkai tudung menyerupai cangkang kerang dengan bagian tengah cekung dan berwarna putih sampai krem.

  1. Jamur kuping

Kandungan vitamin, protein, mineral dalam jamur kuping cukup tinggi dan tidak mengandung kolesterol. Jamur ini termasuk jenis yang cukup mudah untuk dibudidayakan dan hasil panennya dapat disimpan dalam kondisi kering. Ada empat jenis jamur kuping, seperti Auricularia auricula, Auricularia polystricha, Auricularia cornea, dan Auricularia fuscosiccinea.

Jamur Kompos

Ada dua jenis jamur yang seringkali dibudidayakan dengan menggunakan media kompos, yaitu jamur merang dan jamur champignon atau jamur kancing.

  1. Jamur merang

Jamur merang disebut juga paddystraw mushroom. Dikenal sebagai jamur merang karena umumnya dibudidayakan pada merang atau jerami padi.

Selain di media merang, jamur merang juga dapat tumbuh di limbah penggilingan padi, limbah pabrik kertas, ampas batang aren, limbah kelapa sawit, ampas sagu, sisa kapas, dan kulit buah pala. Media yang disebutkan itu merupakan sumber selulosa yang dibutuhkan oleh jamur.

  1. Jamur champignon taau jamur kancing

Jamur kancing atau yang lebih dikenal dengan jamur champignon adalah jamur saprofit, yaitu jamur yang tumbuh pada substrat organik yang telah mengalami proses pengomposan.

Bentuk jamur kancing sama dengan jamur merang. Namun, di bawah tudung terdapat bentuk seperti cincin. Jamur ini berwarna putih bersih dengan spora jamur yang juga berwarna putih. Jamur kancing memiliki warna putih bersih, krem, atau cokelat.

Baca Juga:  Jagung Ungu, Hasil Inovasi Universitas Brawijaya Diminati Mentan

Hal-hal di atas merupakan sedikit pengenalan mengenai 4 jenis jamur konsumsi yang biasa dibudidayakan dan dijadikan sebuah usaha. Keempat jamur tersebut dapat dijadikan bisnis skala rumahan. Baca buku Usaha 4 Jenis Jamur Skala Rumah Tangga untuk mengetahui informasi selengkapnya, mulai dari mengenal jamur konsumsi, cara merintis usaha, hingga cara budidaya jamur tersebut.

loading...
loading...