Jenis-jenis Ayam Katai, Ayam Hias Mini yang Lincah

Pertanianku — Tidak semua jenis ayam dipelihara untuk dikonsumsi daging dan telurnya. Ada beberapa jenis ayam berfungsi sebagai ayam hias. Salah satu jenis ayam hias yang sering dipelihara adalah ayam katai. Ayam hias ini berukuran lebih mini dibandingkan jenis-jenis ayam lainnya. Selain itu, ayam ini memiliki perpaduan warna yang indah serta kelincahannya menjadi daya tarik bagi pehobi ayam hias.

ayam katai
foto: pertanianku

Ternyata, ayam katai ada banyak jenisnya dan mempunyai keindahan yang berbeda-beda. Berikut ini beberapa jenis ayam katai yang populer di kalangan pencinta ayam hias.

Katai Bangkok

Katai bangkok memiliki daya tarik pada bulunya yang tebal, panjang, lentur, dan memiliki warna yang beragam. Selain itu, katai bangkok punya keunikan yang jarang dimiliki oleh ayam lain, yakni memiliki ekor yang tidak berbulu.

Katai Batik Itali

Dari namanya saja sudah membuat bingung ya, bukankah batik merupakan ciri khas Indonesia? Katai ini memiliki keistimewaan di bagian bulunya, bulu katai batik itali berwarna dasar putih keperakan atau krem kekuningan dengan garis hitam pada setiap ujung bulu sehingga tampak terlihat seperti motif batik yang tergambar dari api.

Keistimewaan lainnya dari katai batik itali adalah paruh, kuku, dan tajinya berwarna putih keabu-abuan.

Katai Batik Kanada

Katai batik kanada memiliki jengger berwarna merah segar, berbentuk seperti mawar, dan bergerigi. Katai ini juga memiliki sepasang pial yang menggantung berwarna merah, sedangkan bagian cuping telinga berukuran kecil dan berwarna putih kemerah-merahan.

Paruh ayam katai ini berukuran kecil, pendek, meruncing, dan berwarna putih tulang ke kuningan. Kaki dan jari berwarna merah pucat. Bulu ekor katai ini bisa mengembang dengan kedudukan sayap menggantung.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Jauh Landak Laut atau Bulu Babi

Katai Emas

Ayam katai emas diprediksi berasal dari Jepang. Ayam ini memiliki bulu yang berwarna merah keemasan. Karena warna bulunya tersebut, ayam ini sering terlihat garang dan gagah. Apalagi, ditambah dengan sorotan sepasang mata katai emas yang tajam beserta kakinya yang kokoh. Sosoknya semakin sempurna karena bulu di bagian ekornya mengembang dan melengkung ke atas, bahkan ada yang hampir menyentuh bagian jenggernya.

 


loading...