Jenis-jenis Ayam Katai yang Ada di Indonesia

Pertanianku — Ayam katai merupakan ayam berukuran mini atau kecil yang sering dipelihara sebagai ayam hias. Keunikan ayam katai bukan hanya terletak pada ukurannya yang kecil, melainkan perpaduan warna dan kelincahan ayam mini ini. Di Indonesia terdapat beberapa jenis ayam katai yang sudah terkenal di kalangan pehobi, berikut ini ulasannya.

jenis ayam katai
foto: pertanianku

Katai bangkok

Daya tarik katai bangkok terletak pada bulunya yang tebal, panjang, lentur, dan memiliki beragam warna. Hal menarik lainnya dari katai bangkok ialah tidak berbulu pada bagian ekornya.

Katai batik italia

Kata batik italia memiliki bulu yang istimewa, yakni berwarna dasar putih keperakan atau krem kekuningan dengan garis hitam yang berada di setiap ujung bulu sehingga tampak seperti motif batik yang terpola dengan rapi. Keistimewaan lain dari jenis ayam katai ini terletak pada paruh, kuku, dan tajinya yang berwarna putih keabu-abuan.

Katai emas

Ayam katai emas diperkirakan berasal dari Jepang. Tubuh katai emas diselimuti oleh bulu berwarna merah keemasan. Penampilan katai emas terlihat sangat garang dan gagah dengan sepasang mata yang menyorot tajam serta sepasang kaki yang kokoh. Sosok katai emas semakin memesona ketika bulu ekornya mengembang dan melengkung ke atas hingga menyentuh jenggernya.

Katai emas memiliki sepasang sayap yang cukup panjang dan menggantung hingga terseret di tanah.

Katai serama

Katai serama berasal dari Malaysia dan sangat terkenal dengan postur tubuhnya yang menyerupai huruf ‘S’. Bagian dada ayam membusung ke depan dengan kepala dan leher yang ditekuk ke belakang. Ekor katai serama lurus, tegak, dan dapat mengembang hingga menyentuh bagian kepalanya. Sementara itu, sayap katai serama menjuntai hingga menyentuh lantai.

Baca Juga:  Prospek Cerah Ternak Jangkrik

Sosok tubuh katai serama mirip dengan prajurit yang sedang siap siaga. Tinggi ayam katai serama hanya sekitar 15—25 cm bila diukur dari telapak kaki hingga ke bagian paruh ayam.

Katai sutra

Katai sutra berasal dari Inggris dan memiliki bulu berwarna putih seperti benang sutra, kecil, dan lembut. Jengger katai sutra berbentuk mawar, kecil, dan berwarna merah segar. Bagian pial ayam berukuran kecil, mengantung di bawah rahang, dan berwarna putih kombinasi ungu.