Jenis-jenis Bambu Hias yang Cantik

Pertanianku — Ada sebagian jenis bambu yang digunakan karena memiliki nilai estetika sehingga dibudidayakan menjadi bambu hias. Ada beberapa macam pohon bambu hias yang bisa Anda pilih untuk menghiasi pekarangan, simak ulasan berikut.

bambu hias
foto: pertanianku

Bambu pagar

Bambu pagar atau Bambuas glaucescens (Willd) Sieb. ex Munro merupakan pohon bambu hias yang sering kali digunakan sebagai pagar hidup. Tanaman ini tumbuh dalam rumpun yang rapat sekali. Ukuran batang dan daunnya relatif kecil. Penampilan bambu pagar akan semakin indah jika diberikan sentuhan pemangkasan dengan berbagai bentuk.

Loading...

Bambu bali

Bambu bali merupakan jenis bambu talang yang sering dikenal sebagai bambu gading atau bambu emas karena memiliki batang berwarna hijau terang. Bentuk batangnya ramping karena ruasnya yang sangat panjang. Daun berwarna hijau kekuningan dan terdapat bulu-bulu di bagian bawah. Pelepah batang berwarna kecokelatan dan tidak mudah gugur. Penampilan bambu bali sangat unik sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias.

Bambu gendang

Bambu gendang memiliki batang yang unik, ruasnya menggelembung di bagian tengah dan mengecil di setiap buku-bukunya. Oleh karena itu, bentuk dari bambu gendang berlekuk-lekuk seperti gendang. Ruas batang yang unik ini bertekstur keras, pendek, dan berwarna hijau tua. Tanamannya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1—2 m.

Bambu ini sering disebut sebagai bambu aladin atau bambu budha. Karena bentuknya yang unik, bambu ini sering digunakan sebagai tanaman hias.

Bambu sian

Orang-orang sering keliru dalam membedakan bambu sian dengan bambu jepang, padahal kedua jenis bambu tersebut sangat berbeda. Rumpun bambu sian tumbuh sangat rapat dan pada rumpun yang tua, tajuk pohon akan melebar seperti payung. Batangnya berwarna hijau keputih-putihan, ramping, tegak, dan pada bagian atasnya menunduk.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Bambu yang diduga berasal dari Burma dan Siam ini baik digunakan sebagai tanaman hias karena memiliki tajuk yang lebar dengan daun kecil-kecil yang banyak. Bambu sian bagus untuk dijadikan pagar dan peredam suara. Pohon bambu sian dapat dipangkas untuk dibentuk sesuai dengan keinginan untuk memperindah taman.

Loading...
Loading...