Jenis-jenis Bayam yang Biasa Dibudidayakan

Pertanianku — Bayam sangat mudah tumbuh di Indonesia sehingga keberadaan sayuran hijau ini mudah dijumpai di berbagai warung penjual sayur. Ternyata bayam yang dijual itu beragam. Jenis bayam ada dua, yakni bayam yang tidak dibudidayakan atau bayam liar dan bayam yang dibudidayakan. Bayam liar itu adalah bayam tanah dan bayam berduri.

jenis bayam
foto: pixabay

Kedua jenis bayam tersebut bermanfaat untuk memperbaiki daya kerja ginjal serta melancarkan pencernaan karena kandungan serat yang tinggi. Bayam sangat bermanfaat untuk orang yang baru sembuh dari penyakit serta untuk anak kecil yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Pengolahan daun bayam menjadi suatu masakan pun sudah sangat beragam. Ada yang direbus, digoreng, dan lain-lain. Satu hal yang harus diperhatikan dalam mengolah daun bayam, yakni perebusan jangan terlalu lama karena vitamin C-nya akan hilang dan daun hancur. Bayam yang sudah diolah hanya bisa dikonsumsi dalam waktu 12 jam, selebihnya nutrisi bayam akan berkurang banyak.

Loading...

Di Indonesia ada dua jenis bayam yang dibudidayakan, yakni bayam cabut (Amaranthus tricolor L.) dan bayam tahun (Amaranthus hybridus L.). berikut ulasannya.

Bayam cabut (Amaranthus tricolor L.)

Bayam jenis ini biasanya disebut dengan bayam sekul. Bayam cabut memiliki batang berwarna kemerah-merahan (bayam merah). Namun, ada juga bayam hijau yang keputih-putihan (bayam putih). Daun bayam cabut memiliki bunga pada ketiak daun.

Jenis bayam cabut biasanya dijual bersamaan dengan akar dalam yang membentuk ikatan sebesar lingkaran dua jari. Bayam cabut yang direkomendasikan untuk dibudidayakan adalah giti hijau dan giti merah.

Bayam tahun (Amaranthus hybridus L.)

Bayam tahun biasanya disebut dengan bayam sekop atau bayam kakap dan memiliki daun yang lebar. Bayam ini memiliki dua varietas, yakni varietas caudatus dan varietas paniculatus. Varietas caudatus memiliki daun agak panjang, ujung daun runcing, dan berwarna hijau atau merah tua. Bunga daun merangkai panjang di ujung-ujung batang.

Baca Juga:  Kenali Penyaki Daun Tanaman Mentimun yang Bikin Gagal Panen

Varietas paniculatus memiliki daun lebar dan berwarna hijau. Rangkaian bunganya panjang dan tersebar di ketiak daun atau cabang, tetapi lebih teratur dibanding varietas caudatus.

Bayam tahun memiliki biji berwarna putih yang dikenal sebagai bayam maksi. Biji bayam maksi biasanya diolah menjadi bubur atau campuran roti. Jenis lain dari bayam tahun adalah bayam belanda atau spinach/spinas.

Loading...
Loading...