Jenis-jenis Begonia Eksotik yang Bisa Jadi Pilihan Anda


Pertanianku — Anda pecinta tanaman hias? Apakah Anda sedang mencari tahu jenis-jenis begonia eksotik yang bisa dijadikan pilihan utama sebagai tanaman penghias rumah?

jenis-jenis begonia eksotik
Foto: Shutterstock

Begonia merupakan tanaman hias dari keluarga Begoniaceae. Di seluruh dunia, jumlah spesies tanaman ini diperkirakan mencapai 1.500 jenis. Begonia ini dibedakan menjadi dua jenis, yakni begonia alam dan begonia eksotik.

Begonia alam bisa diartikan sebagai begonia dengan penampilan yang standar. Sementara, begonia eksotik memiliki penampilan menawan dengan aneka bentuk, warna, corak, dan ukuran daun, serta bunga yang beragam.

Nah, bagi Anda yang merupakan penggemar begonia, ada baiknya Anda memilih jenis begonia eksotik. Mengutii Jitu News (19/10/2014), berikut akan diulas jenis-jenis tanaman begonia yang bisa Anda pilih sebagai tanaman hias di rumah.

  1. Begonia Rex

Begonia jenis ini yang paling dominan dan banyak dicari oleh pecintanya. Varietasnya pun bermacam-macam, di antaranya presiden carnot dengan daun warna hijau dan perak dan helen teupel dengan daun warna merah, hijau, dan merah muda. Serta, king edward IV dengan warna daun ungu dan merah. Selain itu, begonia rex juga ada yang memiliki bentuk mini.

  1. Begonia Masoniana

Begonia masoniana merupakan jenis begonia yang rupanya hampir mirip dengan begonia rex. Meski tampak sama, daun begonia masoniana lebih berkerut dan berbentuk seperti hati.

  1. Begonia Maculata

Dibanding jenis begonia lainnya, begonia maculata memiliki bentuk yang cukup berbeda. Buluhnya seperti batang dengan panjang mencapai 9 inci serta memiliki daun yang panjang. Kemudian, ada bintik-bintik putih di bagian atas daun, sedangkan di bagian bawah berwarna merah.

  1. Begonia Festii

Jenis ini mempunyai daun berdaging dengan warna daun bagian atas hijau, dan bagian bawahnya berwarna merah. Jenis ini memiliki tepi daun yang tampak keriting. Hal inilah yang membuat jenis ini menjadi lebih menawan.

  1. Begonia Metallica
Baca Juga:  Sejuta Manfaat Chamomile untuk Kecantikan

Jenis ini termasuk spesies begonia yang memiliki ukuran paling tinggi. Daun bagian atas berwarna hijau metalik, sedangkan bagian bawah serta tulang daunnya berwarna merah.

  1. Begonia Boweri

Jenis ini bisa mencapai ketinggian 6—9 inci. Begonia boweri merupakan hasil persilangan antara begonia tiger dan begonia cleopatra.

  1. Begonia Foliosa

Begonia jenis ini memiliki daun oval yang mirip dengan tumbuhan paku-pakuan.

loading...
loading...