Jenis-jenis Buah Dataran Rendah yang Cocok Ditanam Saat Musim Hujan

Pertanianku — Jika dijabarkan satu per satu tentang kekayaan hayati Indonesia, tidak akan pernah ada habisnya. Indonesia merupakan negara yang memiliki dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan. Saat musim hujan, intensitas air hujan akan meningkat tajam. Ada beberapa jenis buah dataran rendah yang bisa tumbuh subur pada musim hujan.

jenis buah dataran rendah
foto: pertanianku

Berikut ini jenis buah dataran rendah yang dapat tumbuh dengan subur pada musim hujan.

Lengkeng

Loading...

Lengkeng sangat cocok ditanam di dataran rendah berkisar 200—600 mdpl yang memiliki iklim basah dengan curah hujan sekitar 1.500—3.000 mm/tahun dengan bulan basah sebanyak 9—12 bulan. Namun, buah lengkeng akan mengalami pembuahan yang baik saat musim kemarau, pada malam hari dengan suhu sekitar 15—20°C.

Manggis

Tanaman manggis dapat tumbuh dengan subur di dataran rendah hingga ketinggian 600 mdpl dengan curah hujan berkisar 1.500—3.000 mm/tahun dan terjadi secara merata di sepanjang tahun. Suhu udara rata-rata yang baik untuk pohon manggis berbuah adalah 20—30°C. Daunnya sangat peka terhadap cahaya matahari langsung yang dapat menyebabkan daun mudah terbakar.

Manggis masih bisa ditanam di daerah yang agak kering dan agak lembap, tetapi pohon harus diberikan naungan agar tidak terpapar langsung sinar matahari.

Melon

Melon dapat tumbuh di ketinggian 300—1.000 mdpl dengan curah hujan yang sedang. Melon tidak menyukai iklim kering atau musim panas yang berlangsung cukup lama. Di tempat yang memiliki kelembapan udara rendah cenderung kering dan ternaungi, pohon melon akan enggan berbunga betina. Tanaman ini menyukai cahaya sinar matahari, tetapi masih dalam batas wajar, yaitu sebesar 70 persen.

Nangka dan cempedak

Tanaman nangka dapat berkembang dengan baik di ketinggian 1.000 mdpl. Iklim yang dibutuhkan untuk tanaman ini tumbuh dengan subur adalah iklim basah cenderung kering dengan curah hujan berkisar 1.000—2.000 mm/tahun.

Baca Juga:  Langkah Mudah Mengatasi Hama dan Penyakit Pohon Jambu Air Madu Deli

Dibandingkan nangka, cempedak lebih tahan terhadap curah hujan yang tinggi. Oleh karena itu, sebagian masyarakat di Pulau Jawa dan Sumatera lebih cenderung menanam nangka, sedangkan di daerah Kalimantan lebih banyak orang yang menanam cempedak.

Loading...
Loading...