Jenis-jenis Buah Delima

Pertanianku Buah delima berasal dari Negeri Persia, kemudian tanaman ini menyebar ke seluruh belahan dunia. Delima atau pomegranate dapat dinikmati sebagai buah segar. Di Indonesia, buah ini sering dibuat rujakan pada acara adat. Saat ini tak hanya buahnya yang digemari, tetapi juga sosok tanamannya yang rimbun dan berdaun kecil. Penampilannya indah sehingga delima sering dijadikan sebagai tabulampot.

buah delima
foto: Pixabay

Keunggulan lain dari buah delima adalah dapat berbuah sepanjang tahun jika ditanam di kondisi lingkungan yang sesuai. Tak heran, peminat tabulampot delima terus ada setiap tahunnya. Tabulampot delima sudah bisa berbuah saat berumur 2–3 tahun. Setelah itu, pemilik tabulampot dapat menikmati pemandangan buah-buah delima yang menawan. Buah-buahan tersebut akan muncul bergelantungan di ranting-ranting.

Saat ini varietas delima semakin banyak dan beragam. Kini warna buahnya tidak lagi hanya merah, tetapi ada juga yang berwarna putih dan hitam. Anda bisa memilih salah satunya karena setiap jenis delima memiliki keunikannya masing-masing. Berikut ini ulasan lebih detail mengenai tiap jenis delima.

Delima merah

Sama seperti namanya, jenis delima ini memiliki bunga berwarna merah tua dan bersusun. Buah delima jenis ini berwarna hijau kemerahan (merah muda) dan akan berubah menjadi merah jingga atau nyaris kecokelatan (merah tua). Sementara itu, warna daging buah merah bening. Rasanya cukup manis sehingga banyak yang menyukai jenis delima ini.

Delima putih

Delima putih memiliki bunga berwarna keputih-putihan. Namun, warna buahnya justru hijau kekuningan dengan butiran-butiran biji berwarna putih kemerah-merahan. Rasa delima putih manis dan sedikit kelat.

Delima hitam

Jenis delima hitam tergolong manis. Bunga delima hitam berwarna oranye dengan buahnya yang berwarna hitam, mirip seperti busuk saat muda. Uniknya, delima ini berwarna hitam kemerahan saat matang. Daging buahnya berwarna merah muda. Namun, rasa buah delima ini agak kelat.

Baca Juga:  Keunggulan si Cantik Bunga Garbera Manika Agrihorti