Jenis-jenis Buah Varietas Unggul untuk Tabulampot

Pertanianku­ — Tabulampot merupakan tren yang sudah digeluti oleh sebagian masyarakat Indonesia untuk solusi berkebun buah di pekarangan yang tidak begitu luas. Tabulampot sendiri merupakan singkatan dari tanaman buah dalam pot. Agar tabulampot dapat berkembang dan berbuah dengan baik, gunakanlah bibit tanaman dari varietas unggul. Berikut jenis-jenis buah varietas unggul yang dapat Anda gunakan.

buah varietas unggul
foto: pertanianku

Anggur

Anggur memiliki sosok pohon yang indah dan merambat, apalagi saat pohon anggur sedang menampakkan buahnya. Hal inilah yang menjadikan pohon anggur sering dipilih untuk dijadikan pohon hias yang ditanam di pekarangan rumah. Perawatan pohon anggur juga terbilang tidak terlalu susah, asalkan pohon dapat terpapar sinar matahari secara langsung. Buah varietas unggul anggur adalah kediri hijau, kediri kuning, prabu bestari, probolinggo super, red globe, dan BS 4.

Loading...

Belimbing

Buah yang berbentuk seperti bintang ini memiliki rasa manis-manis asam yang segar. Selain menyegarkan, buah yang berwana kuning ini sangat menarik saat sedang berbuah. Tidak heran jika belimbing sering dijadikan tabulampot. Varietas unggulan belimbing adalah dewa, tasik madu, sembiring, dan filipinda.

Buah naga

Pohonnya yang terbilang unik dengan buah yang biasanya tumbuh di ujung daunnya membuat buah naga sering kali dipilih menjadi tabulampot. Perawatan buah naga juga terbilang mudah mengingat dulu sebelum buah naga terkenal pohon ini lebih dikenal sebagai tanaman liar. Varietas yang biasanya digunakan adalah merah (super red), putih, kuning (yellow pitaya), dan cokelat.

Jambu air

Selain memiliki bentuk yang indah, jambu air sangat diminati saat musim panas tiba. Rasa buah yang segar sering dijadikan sebagai buah rujak yang dipadukan dengan bumbu yang pedas. Untuk memelihara jambu air pun terbilang mudah. Varietas unggul jambu air antara lain delima, king rose apel, pihiongwan, dalhari, black diamond, dan bell apple.

Jeruk

Baca Juga:  Resep Jus Buah Kombinasi, Ampuh Menurunkan Berat Badan

Buah yang sangat mudah ditemui ini juga menjadi buah pilihan favorit untuk dijadikan sebagai tabulampot. Varietas yang biasanya digunakan adalah cuzan (chusa), kip, nagami, siam, lemon tea, kingkit, dan bali.

Lengkeng

Varietas buah lengkeng yang biasanya digunakan adalah gading, diamond river, pingpong, phuangray, dan aroma durian.

Mangga

Varietas buah musiman yang biasa digunakan adalah namdokmai, modenkol, apel, brazil, irwin, manalagi, dan arummanis.

 

Loading...
Loading...