Jenis-jenis Bunga yang Bisa Dimakan

Pertanianku— Bunga identik dengan keindahan dan merupakan cikal bakal buah. Selain dijadikan tanaman hias, bunga juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Namun, ada beberapa jenis bunga yang bisa dimakan seperti dilansir dari balithi.litbang.pertanian.go.id.

bunga yang bisa dimakan
foto: Pertanianku

Bunga pisang

Mungkin Anda pernah mendengar kudapan khas Nusantara yang menggunakan bunga pisang. Biasanya, bunga yang digunakan berasal dari pohon pisang batu atau pisang kepok. Di dalam bunga pisang terdapat bagian yang berwarna putih, bagian itulah yang sering dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Sementara itu, bagian luar bunga jarang digunakan karena liat.

Bunga pisang yang akan diolah harus dilayukan terlebih dahulu selama satu hari untuk mengurangi getahnya.

Di dalam bunga pisang terdapat kandungan serat yang bermanfaat untuk program diet. Selain dapat dijadikan sayur, bunga pisang juga sering diolah menjadi abon kering.

Bunga pepaya

Bunga pepaya sebenarnya terasa pahit, tapi banyak orang Indonesia yang menggunakan bunga ini untuk diolah menjadi tumisan. Bunga yang dapat diolah adalah bunga jantannya.

Bunga pepaya harus direbus terlebih dahulu, lalu ditiriskan. Setelah itu, bunga baru bisa diolah menjadi berbagai macam menu hidangan sesuai dengan selera Anda. Orang Indonesia Timur sangat suka dengan bunga ini sehingga banyak makanan mereka yang terbuat dari bunga pepaya.

Di dalam bunga pepaya terkandung senyawa alkaloid, flavonoid, tannin, saponin, steroid, serta aktivitas antoksidan yang bagus untuk tubuh. Kandungan flavonoid dan tannin berguna untuk menurunkan kadar glukosa di dalam darah.

Bunga turi

Bunga turi sering diolah menjadi urap, pecel, atau tumisan. Anda dapat menjumpai dua jenis bunga turi yang sering dijadikan kudapan, yakni bunga turi merah dan putih. Bunga turi putih lebih sering diolah menjadi sayur, meskipun sebenarnya bunga turi merah juga lezat dijadikan sayur.

Baca Juga:  Varietas Tomat yang Sering Ditanam di Indonesia

Di dalam bunga turi terdapat senyawa antioksidan yang sangat baik. Kandungan rendemen alkaloid turi merah terbilang lebih tinggi sedikit dibanding turi putih. Ekstrak bunga turi berkhasiat mencegah kerusakan sel, sedangkan senyawa antioksidannya sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh manusia.