Jenis-jenis Burung Kacer

Pertanianku— Dahulu hobiis menganggap burung kacer terbaik berasal dari Jawa Timur karena sebagian besar penggemar burung berasal dari Surabaya, Madura, dan Banyuwangi. Namun, saat ini burung kacer sudah tersebar ke luar Jawa Timur, bahkan sampai keluar negeri. Burung ocehan ini memiliki karakteristik yang unik, jenis kicauannya disebut rolling. Kacer juga bersifat sebagai peniru suara kicauan burung lain.

burung kacer
foto: Pixabay

Saat ini sudah muncul kacer dari berbagai daerah, seperti Jawa Barat, Sumatera, Kalimantan, dan luar negeri. Berikut ini beberapa jenis burung kacer yang bisa Anda jumpai.

Kacer asal Jawa

Ada dua jenis kacer jawa yang populer di kalangan kicau mania, yaitu kacer asal Jawa Timur dan asal Jawa Barat. Perbedaan tidak hanya tampak secara fisik, tetapi sifat temperamen keduanya pun berbeda. Kacer yang berasal dari Jawa Timur memiliki bulu dominan hitam hampir di seluruh tubuh kecuali sayap. Bulu putih hanya di sayap.

Volume suara bawaan kacer asal Jawa Timur berada di tingkat sedang. Kacer jawa timuran suka udara panas. Walaupun begitu, penjemurannya harus memperhatikan kondisi burung.

Perbedaan utama kacer Jawa Barat dengan kacer Jawa Timur terletak pada beberapa lembar bulu putih di pangkal ekor. Sifat bawaan kacer Jawa Barat agak kurang bagus, sering membagong tanpa sebab. Syukur saja hal itu tidak berlaku untuk kacer tangkaran yang menetas di kandang.

Kacer asal Kalimantan

Perbedaan kacer kalimantan dengan kacer sumatera nyaris tidak kentara. Namun, yang paling mencolok adalah bulu hitam di tubuh kacer kalimantan memanjang dari kepala sampai hampir mencapai perut. Saat berkicau, kacer kalimantan sering menggembungkan leher sehingga saat adu kicau staminanya habis duluan. Itu salah satu kelemahan bawaan kacer kalimantan, walau tidak semuanya punya kelemahan itu.

Baca Juga:  Waktu yang Tepat untuk Menutup Sangkar Burung Kenari dengan Kain

Kacer asal Sumatera

Julukan lain kacer sumatera adalah kacer poci atau kacer sekoci. Kacer sumatera memiliki warna hitam pada kepala, leher sampai dada, punggung, dan sisi luar ekor. Bulu putih ada di bagian dada sampai perut. Nama sumatera terbukti hanya sebutan karena faktanya kacer dengan warna bulu seperti itu juga ditemukan di Nepal, India, Srilanka, Vietnam, dan Thailand.

Kacer asal Madagaskar

Warna kacer madagaskar hampir sama dengan kacer sumatera. Perbedaannya ada pada bulu hitam di leher bagian atas, punggung dan ekor bersemburat kebiruan saat terkena cahaya. Kemampuan berkicaunya tidak kalah dari kacer jenis lain.