Jenis-jenis Cemara yang Tumbuh di Indonesia

Pertanianku — Pohon dari suku cemara-cemaraan atau Casuarinaceae sebagian besar tumbuh di belahan bumi bagian selatan. Wilayah ini mencakup Indonesia. Di negara ini sendiri, setidaknya tumbuh 6 jenis cemara yang memiliki keunikan masing-masing. Tumbuhan hijau abadi ini pun banyak digunakan sebagai tanaman hias halaman ataupun pekarangan.

Cemara nonfolk

jenis cemara
Foto: mywalkoutplants.com

Dinamakan cemara nonfolk karena berasal dari Pulau Nonfolk, daerah Samudera Pasifik. Biasanya, cemara nonfolk juga disebut sebagai ‘bintang pinus’. Spesies ini bernama ilmiah Aucaria heterophylla.

Loading...

Ciri cemara nonfolk adalah cabangnya yang mirip dengan jarum tumpul. Habitatnya berada di daerah dengan kelembapan tinggi dengan sinar matahari yang menyinari sepanjang hari. Cemara ini terkenal akan resinnya yang dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik.

Cemara pensil

jenis cemara
Foto: natenursery.net

Warna daun hijau tua serta kayu yang kuat dan wangi adalah ciri dari cemara pensil. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Cupressus sempervirens dan merupakan salah satu jenis cemara yang tumbuh di daerah mediterania.

Cemara angin

jenis cemara
Foto: instagram sinilihatkebunku

Casuarina junghuhniana atau cemara angin merupakan salah satu pohon cemara yang paling sering ditanam di Indonesia. Nama unik ini diberikan karena pohon cemara angin akan bergoyang ketika tertiup angin. Tanaman ini pun menjadi primadona penghias bangunan.

Cemara kipas

jenis cemara
Foto: instagram edhi_flowers_gardens

Dinamakan cemara kipas, nyatanya pohon ini memiliki julukan lain, yakni tanaman cakar ayam dan white cedar. Ciri utamanya adalah cabang daun yang mengerucut ke samping menyerupai bentuk kipas.

Cemara kipas berasal dari spesies Thuja occidentalis. Pohon ini mampu tumbuh tinggi 10—20 meter. Habitat asli cemara kipas adalah rawa. Cemara ini tumbuh subur di hutan basah serta dikenal dapat menjadi obat kudis, batuk, dan diare.

Cemara udang

jenis cemara
Foto: instagram tamanpedia

Tak banyak yang tahu bahwa tanaman yang satu ini asli dari Indonesia. Cemara udang dapat dijumpai di banyak daerah di Indonesia seperti pesisir pantai selatan, Jawa Timur, dan Madura. Ciri khas cemara udang adalah batangnya yang besar dan hitam. Daun cemara udang juga berbentuk lancip mirip jarum.

Baca Juga:  Tongkol Jagung Sumut Diminati Pasar Jepang

Cemara pua-pua

jenis cemara
Foto: instagram ega_florist

Daun cemara pua-pua menyerupai tanduk rusa. Bentuk yang unik ini membuat cemara pua-pua banyak digemari sebagai tanaman hias. Berasal dari Papua, tanaman ini memiliki nama Latin Cupressus papuanus.

Loading...
Loading...