Jenis-jenis Daun Ajaib untuk Menumpas Penyakit

Pertanianku — Tren obat herbal telah populer kembali di tengah masyarakat. Obat alami ini sering dipilih sebagai alternatif untuk mengatasi berbagai penyakit. Obat herbal terbuat dari beragam tanaman obat yang dimanfaatkan bagian daun, rimpang, atau bahkan seluruh bagian tanamannya. Namun, tahukah Anda, ada beberapa jenis daun yang disebut sebagai daun ajaib karena menyimpan khasiat yang luar biasa.

daun ajaib
foto: Pertanianku

Berikut ini deretan jenis daun ajaib yang menyimpan segudang khasiat untuk mengatasi berbagai penyakit.

Daun sukun

Daun sukun sudah terbukti ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit jantung, rematik, hingga diabetes melitus. Daun sukun mengandung saponin, polifenol asam hidrosianat, kalium, asetilcolin, tannin, riboflavin, dan phenol. Selain itu, daun sukun juga mengandung senyawa flavonoid yang bersifat sebagai antidiabetes yang kuat dan bermanfaat sebagai antikanker.

Daun avokad

Tanaman avokad atau alpukat terkenal sebagai penghasil buah yang sangat populer. Daun tanaman ini dapat dijadikan obat untuk batu ginjal dan rematik. Daun avokad juga terkenal dapat melancarkan air seni dan antibakteri. Ulasan informasi penting mengenai daun avokad bisa Anda simak di buku Khasiat Ajaib Daun Avokad. Buku ini mengulas lengkap khasiat tanaman avokad sebagai obat alami. Segera dapatkan dengan menghubungi WhatsApp Admin Penebar Swadaya atau berkunjung ke Shopee Mall penebar Swadaya.

Daun kelor

Sudah bukan rahasia lagi bila daun kelor terkenal sebagai tanaman obat karena di dalamnya terkandung antioksidan alami yang tinggi. Kelor juga terkenal sebagai sumber serat yang baik, bahkan kandungan beta karoten di dalamnya empat kali lebih besar dari wortel. Si daun ajaib ini juga mengandung banyak minyak Omega-3 dan klorofil.

Daun sirsak

Baca Juga:  Daun Pepaya untuk Mengatasi Itik Tidak Nafsu Makan

Sejak dahulu, masyarakat di Kalimantan sering memanfaatkan daun sirsak sebagai obat alternatif untuk mengatasi demam. Sementara itu, di Madagaskar, tanaman ini digunakan untuk mengobati penyakit liver. Daun sirsak mengandung banyak zat berguna seperti annocatacin, annocatalin, annogexocin, annonacin, annomuricin, anomurine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleic acid, dan muricapentocin.

Daun binahong

Daun binahong terkenal sebagai penyembuh luka dan dapat mengatasi penyakit maag kronis dan gagal ginjal. Binahong sudah dikenal cukup lama oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman obat dan tanaman hias.

Daun dewa

Daun dewa dikenal dengan sebutan bluntas cina dan sering dijadikan sebagai lalapan. Daun dewa mengandung saponin, flavonoid, dan minyak asiri yang bermanfaat untuk merangsang sirkulasi darah serta bersifat analgesik, antiinflamasi, dan antiseptik.

Daun pepaya

Daun pepaya yang terkenal pahit telah digunakan sebagai bahan baku untuk membuat jamu tradisional. Daun pepaya diketahui dapat menghilangkan nyeri haid, melancarkan pencernaan, menambah nafsu makan, dan mengobati demam berdarah.