Jenis-jenis Durian Berdaging Tebal dan Lezat

Pertanianku — Daging buah durian yang tebal menjadi dambaan bagi para pencinta durian karena sensasi yang akan didapatkan jauh lebih nikmat. Namun, tidak semua jenis durian berdaging tebal, bahkan ada banyak durian berdaging tipis. Oleh karena itu, tidak heran banyak pencinta durian yang berburu jenis durian berdaging tebal meski harganya lebih mahal.

durian berdaging tebal
foto: Pertanianku

Karena harganya cukup mahal, kelima jenis durian ini terbilang cukup berpotensial untuk dikembangkan menjadi bisnis. Berikut ini jenis-jenis durian berdaging tebal yang bibitnya tersedia di Toko Trubus.

Durian duri hitam

Durian duri hitam dikenal juga dengan sebutan ochee. Keunggulan durian duri hitam terletak pada kualitas serta cita rasa daging. Daging buah berwarna keemasan dan mengeluarkan aroma yang harum sehingga mampu menggugah selera. Ketika digigit akan terasa lembut dan sangat creamy. Rasanya manis, legit, agak sedikit pahit, dan lumer di mulut.

Ukuran biji durian hitam memang terbilang cukup besar, tetapi ketebalan dagingnya juga terbilang besar sehingga Anda tetap bisa merasakan daging buah durian duri hitam yang lezat.

Durian pelangi

Durian pelangi merupakan durian lokal unggulan asal Manokwari, Papua Barat yang tumbuh dengan baik di dataran rendah hingga tinggi. Ukuran daging buah yang bisa dimakan cukup besar mencapai 43 persen. Ukuran tersebut terbilang lebih besar daripada durian monthong yang selama ini lebih dikenal oleh masyarakat.

Keunggulan lain dari durian pelangi adalah gradasi warna merah, jingga, hingga kuning pada daging durian. Gradasi tersebut membuat penampilan daging durian menjadi sangat unik.

Durian matahari

Buah ini diberi nama durian matahari karena memiliki daging berwarna kuning cerah seperti matahari. Daging durian matahari terbilang tebal, rasanya manis legit, dan tidak beralkohol. Daging durian cenderung kering, berlemak, dan berserat halus. Ketebalan daging yang dimiliki sekitar 0,5—1 cm. Aroma durian matahari tidak terlalu menyengat sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang kurang menyukai aroma durian.

Baca Juga:  Ubah Semak Belukar Jadi Lahan Produktif

Durian monthong

Orang Indonesia sudah sangat mengenal durian monthong asal Thailand. Durian ini terbilang sangat besar karena bobot satu buahnya bisa mencapai 7—8 kg/buah. Bagian yang bisa dimakan sekitar 30—32 persen. Daging buah berwarna kuning, rasanya manis agak pahit, dan tingkat kekuatan aroma terbilang cukup sedang.


loading...